Terkait Rohingya, Cekmad: Kami Siap Menampung Seumur Hidup

Terkait Rohingya, Cekmad: Kami Siap Menampung Seumur Hidup

LHOKSUKON– Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib atau Cek Mad mengatakan, pemerintahannya siap menampung pengungsi muslim Rohingya berapapun lamanya, sampai mereka mendapatkan suaka dari negara ketiga.

Hal itu diungkapkan Cek Mad pada acara halal bihalal relawan di Shelter Rohingya Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu 29 Juli 2015.

Cek Mad mengaku paham betul bagaimana kondisi di tempat asal warga Rohingya di Myanmar yang sampai saat ini belum kondusif untuk ditempati. Selama ini, tambahnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tidak mengalami kendala apapun dalam hal stokc makanan atau kebutuhan lainnya bagi pengungsi Rohingya.

“Jika disetujui oleh pemerintah pusat, kami siap menampung mereka seumur hidup di sini,” kata Cekmad.

Ia mengaku sudah memerintahkan dinas terkait untuk memindahkan para pengungsi dari penampungan sementara ke shelter yang telah selesai dibangun. Khususnya kepada santri, Cek Mad menghimbau agar mereka menjadi penggerak utama pendidikan agama bagi para pengungsi.

Saat ini Pemerintah Aceh Utara sudah menyediakan lahan seluas lima hektar untuk pembangunan shelter dengan 120 kamar, yang ditempati oleh 300 lebih pengungsi Rohingya. Lokasi ini dilengkapi berbagai sarana, seperti kamar mandi dan air bersih yang memadai, sarana belajar bagi anak-anak, serta tempat ibadah seperti musala.

Sementara warga Banglades ditampung di gedung bekas Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe. [] (mal)

Foto: Cek Mad saat mengunjungi Shelter pengungsi di Blang Adoe

Leave a Reply