Terbukti Anak-anak, Australia Pulangkan WNI

SIDNEY-Pengadilan di Australia akan membebaskan empat warga negara Indonesia setelah terbukti keempanya masih di bawah umur atau masih anak-anak. Saat ini, ada puluhan WNI yang tengah menjalani proses identifikasi usia di negeri kangguru.

Menurut rilis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Jumat 8 Juni 2012, keempat WNI akan dibebaskan dan dipulangkan setelah kasus mereka dikaji ulang oleh Departemen Kejaksaan Agung Australia. Pembebasan ini merupakan tambahan dari tiga warga Indonesia lainnya yang dibebaskan bulan lalu sebagai bagian dari kaji ulang yang sama.

Kedubes Australia mengatakan bahwa sejak September 2008, sudah 147 WNI yang dipulangkan ke tanah air karena terbukti di bawah usia 17 tahun. Pada September tahun lalu, telah dipulangkan sebanyak 56 anak.

Australia mengatakan bahwa saat ini masih terdapat 28 kasus lagi di mana anak-anak dicurigai telah dinyatakan bersalah dalam kejahatan penyelundupan manusia. Para tahanan ini dipenjara di tahanan-tahanan dewasa di negeri tersebut.

"Kasus-kasus ini sedang dikaji ulang atas permintaan Jaksa Agung Australia Nicola Roxon setelah permohonan dilancarkan dari dalam dan luar negeri dari Komisi Hak-Hak Asasi Manusia dan pihak berwenang Indonesia, termasuk Menteri Luar Negeri RI Dr Marty Natalegawa," tulis pernyataan Australia.

Kisruh tahanan anak Indonesia di Australia sudah ramai sejak tahun lalu, saat beberapa WNI bawah umur kedapatan ditahan di penjara dewasa. Pengujian usia melalui pemindaian pergelangan tangan dinilai tidak efektif. Untuk itu, diperlukan dokumen-dokumen pembukti yang dikirimkan dari daerah asal para WNI, yang kebanyakan berasal dari Indonesia timur. | sumber:viva

  • Uncategorized

Leave a Reply