Tentara Suriah temukan zat kimia di dalam terowongan pemberontak

TELEVISI pemerintah Suriah menyatakan bahwa pasukan Suriah hari ini telah menemukan zat-zat kimia di terowongan milik kelompok pemberontak di Daerah Jobar, pinggiran Ibu Kota Damaskus. Beberapa tentara juga dilaporkan mengalami sesak nafas.

"Para tentara yang gagah berani memasuki terowongan-terowongan teroris dan melihat zat-zat kimia," kata beberapa sumber yang dikutip televisi pemerintah, seperti dilansir Reuters, Sabtu (24/8).

"Tentara ada yang mengalami sesak nafas ketika memasuki terowongan Jobar. Ambulans juga didatangkan untuk menyelamatkan orang-orang yang mengalami sesak napas di Jobar," lanjut sumber itu.

Sumber itu menambahkan satu unit tentara Suriah sedang bersiap-siap menyerbu daerah pinggiran itu, di mana menjadi tempat kelompok pemberontak berperang untuk menggulingkan Presiden Basyar al-Assad.

Para pegiat dari kelompok oposisi menuduh pasukan Assad telah melancarkan serangan gas beracun di Jobar dan di daerah-daerah pinggiran Damaskus lainnya pada Rabu dini hari kemarin, sehingga menewaskan lebih dari seribu orang.

Namun, pemerintahan Assad justru menyatakan kelompok pemberontak mungkin telah melancarkan serangan terhadap mereka sendiri untuk memprovokasi tindakan internasional.

Pemerintah Suriah mengatakan pihaknya tidak akan pernah menggunakan senjata kimia terhadap warga Suriah. Rezim Assad juga sebelumnya menuduh kelompok pemberontak melakukan peperangan untuk mendapat keuntungan.

Wakil Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk urusan pelucutan senjata, Angela Kane, tiba di Damaskus hari ini untuk mendesak akses ke lokasi serangan senjata-senjata kimia bagi para tim pemeriksa PBB, yang telah berada di Suriah untuk menyelidiki tuduhan-tuduhan yang telah dilontarkan. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply