Tarmizi Karim: Setahun Terakhir, Ada 28 Pengidap HIV/AIDS Baru di Aceh

BANDA ACEH – Penyebaran virus HIV terus meningkat di Aceh dalam beberapa tahun terakhir. Hingga tahun 2011 saja, sudah terdeteksi 102 warga Aceh yang mengidap HIV AIDS. Bahkan, dalam setahun terakhir, kembali dideteksi 28 pengidap baru.

Hal ini dikatakan Penjabat Gubernur Aceh saat membuka Kongres Nasional XVII Perhimpunan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia (PETRI) di Hermes Hotel pagi tadi, Jumat 15 Juni 2012.

Menurut penjelasan Tarmizi, dari tahun 2004 hingga 2011, ditemukan sebanyak 102 warga Aceh terinfeksi HIV AIDS. Dari jumlah itu, 22 orang di antaranya meninggal dunia, sedangkan 80 orang lainnya masih sakit-sakitan.

Jumlah ini, kata Tarmizi, bisa saja lebih sedikit dari yang jumlah sebenarnya. Soalnya, data ini merupakan data yang dihimpum berdasarkan laporan dari pasien ke rumah sakit. "Bukan tidak mungkin jumlah penderita HIV/AIDS yang riil di Aceh jauh lebih besar lagi, karena banyak penderita tidak mau terbuka dengan penyakitnya," ujar Tarmizi.

Untuk penanggulangan masalah tersebut, kata Tarmizi, pemerintah terus melakukan pembenahan di berbagai sektor kesehatan publik.

Untuk diketahui, HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, yakni virus yang menyerang ketebalan imun manusia. Sedangkan AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome, yakni penyakit yang diakibatkan dari berkurangnya imun atau daya tahan tubuh. []

  • Uncategorized

Leave a Reply