Tarawih super cepat di Mushala Bulog Aceh

RATUSAN mobil berjejer dua baris di sepanjang jalan T. Nyak Arief. Mulai dari depan kantor BPS sampai depan DPR Aceh terparkir rapi.

Di depan kantor Bulog Aceh, sepeda motor memenuhi halaman. Tiap malam bulan Ramadan 1434 Hijriah, Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, suasana begini adalah hal yang paling lumrah didapatkan.

Pasalnya, di mushala kantor ini selalu digelar salat jamaah Tarawih dan telah menjadi salah satu tempat favorit warga melaksanakan ibadah sunat malam bulan Ramadan.

Amatan ATJEHPOSTcom, Senin malam 22 Juli 2013, sekitar 500-an lebih jamaah memenuhi mushala ini. Para jamaah yang tidak muat dalam mushala menggelar sajadahnya di halaman depan di bawah dua tenda besar yang telah disiapkan khusus. Sementara jamaah perempuan juga menggelar sajadahnya di pelataran kantor Bulog.

Salat Isya sedang dilaksanakan, saat ATJEHPOSTcom datang ke sini. Selesai salat Isya, salat sunat Tarawih dilaksanakan setelah ceramah agama singkat.

Salat Tarawih delapan rakaat dilaksanakan dengan dua-dua rakaat sekali salam. Setiap sekali salam, salat hanya berlangsung sekitar 3-4 menit. Terasa agak cepat dibanding dari tempat-tempat lain. Pasalnya, bacaan imam setelah bacaan surat Al-Fatihah tidak lebih dari bacaan dua-tiga ayat Alquran seperti ayat-ayat dalam surat Al-Kahfi.

Mulai sekitar pukul 20.30 WIB, salat sunat tarawih Berjumlah delapan rakaat ditambah salat sunat Witir tiga rakaat selesai sekitar pukul 21.15 WIB. Walau pun berlangsung lebih singkat, salat sunat Tarawih ini sungguh meriah dengan jumlah jamaah yang mencapai 500-an lebih tiap malam.

Hal ini sebagaimana dikatakan salah satu jamaah tetap kepada ATJEHPOSTcom seusai salat berlangsung. Kilban, pemuda asal Prada mengaku tiap malam melaksanakan salat Tarawih di sini.

“Di sini saya senang salat Tarawih, selain karena durasinya yang relatif singkat, ramainya jamaah yang datang membuat kita tambah bersemangat. Terasa sangat semarak,” kata Kilban.

Menurut seorang jamaah yang lain, walau pun terasa singkat shalat sunat Tarawih di mushala Kantor Bulog Aceh di imami oleh salah satu Professor dari IAIN Ar-Raniry.

“Memang salatnya cepat. Tapi bacaan imamnya sangat bagus. Soalnya imamnya juga bukan tokoh sembarangan karena Prof. Mukhsin Nyak Umar adalah orangnya,” kata Misbah, warga Lingke, kepada ATJEHPOSTcom.

Ketika jamah musala Bulog telah menyelesaikan salat tarawih, sayup-sayup dari Masjid Raya Baiturrahman –berjarak sekitar satu kilometer, masih terdengar imam membacakan ayat-ayat Al-Quran pertanda salat tarawih masih berlangsung.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply