Taman Legos Lhokseumawe Terbengkalai

Taman Legos Lhokseumawe Terbengkalai

LHOKSEUMAWE – Kawasan Taman Simpang Legos Lhokseumawe terbengkalai. Taman bekas Terminal Labi-labi/Angkot di ujung Jalan Perdagangan itu sudah lama dibiarkan rusak dan berantakan.

Alih fungsi bekas lahan terminal lama saat ini tidak dimanfaatkan untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah/PAD maupun memperindah tata kota. Bila memperhatikan desainnya, taman ini dibangun untuk menjadi taman kuliner. Letaknya juga amat strategis. Tapi setelah selasai dibangun sama sekali tidak difungsikan, sehingga terbengkalai.

Beberapa bagian sudah rusak seperti banner dan tiang taman. Kondisi dalam taman juga sudah kumuh. Terlihat digunakan untuk parkir kendaraan pribadi. Paving blok dan pinggir pagar ditumbuhi rumput. Hampir di semua bagian sampah berserakan, dan banyak ban bekas.

Tidak jelas kenapa taman ini dibiarkan terbengkalai. Bahkan karena tidak ada aktifitas, sederet toko/bangunan lama di sisi taman itu akhirnya kumuh dan tutup. Padahal dulunya semasa Terminal Labi-labi masih berfungsi, kawasan ruko ini ramai aktifitas pedagang.

Sekretaris Komisi C (Bidang Pembangunan) DPRK Lhokseumawe Ardiansyah alias Caca ditanyai portalsatu.com, kemarin, mengaku heran. “Seharusnya fasilitas itu jangan sampai mubazir, ini sudah lebih dua tahun dibiarkan saja terbengkalai setelah dibangun,” katanya.

Seharusnya, menurut Caca, Dinas Perindagkop Lhokseumawe menyewakan saja pengelolaan taman itu ke pihak ketiga. “Kalau disewakan ke pihak ketiga kan ada PAD, di samping itu mereka bisa merawatnya,” ujar politisi PA ini.

Ia mengaku heran dengan dinas itu. Peluang ada tapi sia-sia, malah tiap tahun minta biaya perawatan dari APBK. “Ada beberapa yang selesai dibangun seperti kawasan kuliner pinggir laut, juga yang sedang dibangun di pinggir Krueng (Sungai) Cunda, itu harus dimanfaatkan untuk memperindah tata kota,” kata Caca lagi.

Dinas terkait seharusnya jangan hanya tahu membangun infrastruktur. Tapi perlu dimanfaatkan untuk pemberdayaaan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja. “Tujuannya agar pemerintah memperoleh PAD, jadi tinggal kemauan dinas saja supaya lebih pro aktif,” ujar Caca.[]

Foto Taman Legos Lhokseumawe. @Murthalamuddin/portalsatu.com

Leave a Reply