Tak punya modal, petani Buket Meutuah berutang pada agen

KETERBATASAN modal membuat sejumlah petani padi di Gampong Bukit Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, berutang bahan pertanian pada agen. Syaratnya, hasil panen nantinya harus dijual ke agen tersebut.

“Jika musim tanam tiba dan petani tidak punyai modal, maka untuk menanam padi kami berutang terlebih dulu keperluan untuk bertani seperti bibit padi, pupuk dan bahan lainnya pada agen,” ujar salah seorang petani padi di Buket Meutuah, T. Azman kepada ATJEHPOST.com, Rabu, 10 April 2013.

Menurut Azman, di satu sisi sistem ini berpotensi merugikan petani, sebab ketika harga jual padi naik, petani tidak bisa menjual ke agen lain. Petani harus menjual padi ke agen yang telah memberi utang bahan pertanian tersebut dengan harga jauh lebih murah dari harga pasaran.

“Tapi mau gimana lagi, jika tidak mau dengan sistem ini maka kami para petani yang tidak punya modal, tidak bisa menanam padi,” ujar Azman.

Azman menyebutkan seharusnya pemerintah memberi perhatian terkait persoalan yang dihadapi para petani tidak punya modal. “Karena persoalan ini bukan baru satu atau dua bulan, tapi sudah bertahun-tahun dan tidak ada solusi apapun yang diberikan pemerintah daerah,” katanya.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply