Tahun Ini Bakal Dibuat Tracking Gajah di Tahura Seulawah

Kepala Dinas Kehutanan Aceh, Ir Husaini Syamaun MM mengatakan, fungsi Taman Hutan Raya (Tahura) Seulawah di Aceh Besar tahun ini akan dioptimalkan, terutama untuk tujuan wisata.

“Kita akan bangun dua tracking gajah terlatih di kawasan Tahura Seulawah. Soft tracking dikhususkan untuk anak-anak dan orang tua, sedangkan hard tracking untuk orang muda dan dewasa,” kata Ir Husaini Syamaun menanggapi pertanyaan Irma, staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Aceh dalam Seminar Nasional Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh di Hotel The Pade, Banda Aceh, Kamis (6/3).

Menurut Husaini, pada tahun 2013 lalu sudah dibuat detail engineering design (DED) pengembangan Tahura Seulawah/Saree. Sedangkan tahun ini direalisasikan. Antara lain dengan membangun tracking gajah di Tahura tersebut, sehingga pengunjung bisa berwisata di areal Tahura dengan mengendarai gajah.

Selama ini, hanya pada hari Sabtu dan Minggu orang berkunjung ke Saree untuk melihat atraksi gajah jinak dan terlatih di depan Restoran Gajah Indah. Ruang gerak gajah di situ sangat terbatas, karena lokasinya tidak terlalu luas. Tapi nanti, kalau tracking itu sudah ada, orang bisa naik gajah sambil menikmati pepohanan di sepanjang lintasan tersebut.

“Saya juga pernah punya rencana untuk membangun menara tinggi di Tahura ini sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan Aceh Besar dan Banda Aceh dari ketinggian menara,” katanya.

Tahura tersebut, lanjut Husaini, haruslah ditangani secara sungguh-sungguh mengingat kawasan itu merupakan hulu DAS Krueng Aceh, sungai yang menyediakan air baku untuk PDAM di wilayah Aceh Besar maupun Banda Aceh.

Diakuinya bahwa Tahura itu sekarang sudah dikapling-kapling warga setempat maupun pendatang untuk berkebun atau membangun pondok tempat usaha. Tapi dia yakin dalam waktu dekat semua “pendudukan” itu akan bisa ditertibkan, sehingga fungsi ekologis, hidrologis, maupun fungsi riset/ilmu pengetahuan dari Tahura tersebut tidak terganggu.[] sumber: serambi indonesia

  • Uncategorized

Leave a Reply