Tahun 2013 Indonesia Berlakukan Wajib Belajar 12 Tahun

MEULABOH – Ketua komisi X DPR-RI Samsul Bahri mengatakan tahun 2013 mendatang akan menerapkan program wajib belajar (wajar) 12 tahun bagi masyarakat Indonesia.

Kata dia, program tersebut akan diajukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan total biaya Rp 10 trilliun lebih karena melihat rentannya anak putus sekolah akibat tidak mampu menempuh pendidikan sekolah menengah tingkat atas.

Menurut Samsul, penerapan program wajib belajar sendiri dinilai sangat penting dalam mencerdaskan bangsa. Apalagi, kata dia, dalam UUD 1945 pemerintah wajib mengalokasikan dana sebesar 20 persen atau Rp 300 trillyun dari total anggaran APBN.

“Program ini dilaksanakan sesuai dengan amanah UUD,” ujarnya.

Samsul juga menambahkan, saat ini anak putus sekolah terutama tingkat SMA semakin menurun. Dengan adanya program wajib belajar 12 tahun, Samsul berharap ke depannya akan memberikan kemudahan bagi bangsa Indonesia terutama siswa tamatan SMA dapat melanjutkan perguruan tinggi dengan mudah.

"Berbicara masalah tingkat sekolah gratis, Indonesia jauh tertinggal dari Singapura. Jika selama ini Singapura telah mewajibkan jenjang pendidikan minimal 12 tahun, Indonesia masih sampai sembilan tahun," kata dia.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply