Syeikh Salman terpilih jadi Presiden AFC

SYEIKH Salman bin Ibrahim Al Khalifa akhirnya terpilih sebagai Presiden Asian Football Confederation (AFC) pada Kongres Luar Biasa (KLB) AFC di Kuala Lumpur, Kamis 2 Mei 2013.

Ketua Asosiasi Sepakbola Bahrain tersebut, mendapat 33 suara dari total 46 pemilih dalam KLB yang digelar di Marriot Hotel, Kuala Lumpur. Pesaingnya, masing-masing Worawi Makudi (Thailand) dan Yusuf Al Serkal dari Uni Emirat Arab, hanya meraup 7 dan 6 suara.

Sementara seorang kandidat lainnya, Dr Hafez Ibrahim Al Medlej dari Saudi Arabia, mundur sebelum KLB resmi dibuka.

Salman akan menjalankan roda organisasi AFC hingga dua tahun ke depan. Dirinya resmi menggantikan Presdien sebelumnya, Muhammad bin Hammam yang mundur setelah dihukum oleh FIFA dan Komisi Disiplin AFC atas dugaan kasus suap.

"Misi saya adalah untuk menyatukan kembali konfederasi kami. Misi saya adalah untuk memimpin keluarga besar kita menuju masa depan pertumbuhan dan kemakmuran. Masa depan yang didasarkan pada tata kelola organisasi yang baik dan berintegritas," kata Salman dalam pidatonya.

Selain terpilih sebagai Presiden AFC, Syeikh Salman juga mengalahkan Hassan Al Thawadi asal Qatar dalam pencalonan sebagai anggota Komite Eksekutif FIFA dari Asia.

Sejumlah delegasi yang hadir dalam KLB tersebut, menyambut gembira terpilihnya lelaki yang dikenal dengan sikap bersahaja. Tak terkecuali, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, yang menghadiri KLB bersama Sekjen PSSI Hadiyandra.

"Sejak awal, Syeikh Salman memang sudah terlihat sebagai kandidat yang paling siap membawa AFC ke arah yang lebih baik," kata Djohar usai pemilihan.[] sumber : bola

  • Uncategorized

Leave a Reply