Suu Kyi nyatakan siap jadi presiden Myanmar

PEMIMPIN oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi telah menyatakan niatnya untuk mengikuti pemilihan presiden di pemilu yang bakal digelar pada 2015 mendatang.

Stasiun televisi Aljazeera melaporkan, Kamis (6/6), peraih Nobel Perdamaian pada 1991 itu juga meminta untuk mengamandemen konstitusi rancangan militer lantaran dapat mencegah dirinya memimpin negara itu. Konstitusi berlaku saat ini melarang siapa saja yang memiliki pasangan atau anak warga negara asing memimpin Myanmar.

"Saya ingin mencalonkan diri sebagai presiden dan saya cukup jujur mengenai hal ini," kata Suu Kyi di depan para pemimpin dunia dan pebisnis yang menghadiri acara Forum Ekonomi Dunia Asia Timur, di Ibu Kota Naypyidaw, Myanmar.

"Jika saya hanya berpura-pura bahwa saya tidak ingin menjadi presiden, maka saya tidak akan jujur," ujar pegiat prodemokrasi itu.

Dua anak Suu Kyi dari mendiang suaminya, Michael Aris, adalah warga Inggris.

Penyelenggara program pembangunan PBB, Helen Clark, yang saat itu juga menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Myanmar, menyambut baik pencalonan Suu Kyi dalam pemilihan presiden.

"Saya telah menandatangani banding untuk pembebasan Aung San Suu Kyi dari tahanan rumah bertahun-tahun lalu, ketika saya masih menjabat perdana menteri Selandia Baru," ujar Clark, saat diwawancarai Aljazeera.

"Saya sangat berharap bahwa perubahan konstitusional akan segera dibuat, yang akan memungkinkan dia untuk mengikuti pemilihan presiden dengan bebas dan adil untuk memimpin negaranya," lanjut wanita 63 tahun itu.

Pemerintahan sipil yang didengungkan Presiden Myanmar Thein Sein telah mengejutkan dunia sejak dirinya berkuasa dua tahun lalu. Perubahan dramatis ini terlihat di sistem politik dan ekonomi Myanmar, yang mengakibatkan pencabutan sanksi dari dunia Barat.

Presiden Thein Sein juga telah membebaskan ratusan tahanan politik.

Suu Kyi, yang harus mendekam sebagai tahanan rumah selama 15 tahun oleh pemerintahan militer, memang sangat populer di Myanmar. Sementara Partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang dipimpinnya secara luas juga diharapkan dapat memenangkan pemilihan umum. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply