Suplemen vitamin D tak bisa atasi tekanan darah tinggi

KEKURANGAN vitamin D bisa jadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Namun sayangnya bagi manula yang kekurangan vitamin dan memiliki kecenderungan darah tinggi, suplemen tak akan bisa membantu mengatasinya.

Penelitian dari University of Dundee di Skotlandia menemukan hal ini setelah mengamati 159 partisipan yang berusia 70 tahun. Mereka menemukan bahwa tekanan darah manula tak berubah bahkan setelah mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan selama setahun.

"Tampaknya orang tak bisa mengontrol tingginya tekanan darah mereka dengan suplemen vitamin D. Sangat penting bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengonsumsi obat mereka," ungkap Miles Witham, ketua peneliti, seperti dilansir oleh Reuters (14/08).

Meski hasil penelitian ini mengecewakan bagi Witham, Dr James Vacek peneliti yang mengamati vitamin D namun tak terlibat dalam penelitian terbaru ini menjelaskan bahwa hal ini tak menutup kemungkinan bahwa partisipan masih bisa bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah.

Menurut Vacek, penelitian ini hanya dilakukan pada lingkup yang kecil dan tersegmen. Bisa jadi suplemen vitamin D bisa bermanfaat untuk kelompok lain seperti manula yang mengalami diabetes. | sumber: merdeka.com

 

  • Uncategorized

Leave a Reply