Sulitnya Muslim Bangun Masjid di Amerika Serikat

Penolakan pembangunan masjid di pinggiran kota Atlanta, Georgia, Amerika Serikat menuai kemarahan dari komunitas muslim di kota tersebut.

Kelompok muslim menanggap penolakan pembangunan masjid tersebut merupakan pelanggaran kebebasan beragama mereka.

"Sudah sering terjadi di mana-mana di Amerika Serikat, setiap komunitas muslim ingin membangun atau memperluas masjid atau bangunan sejenis, selalu ada penolakan," ujar Ibrahim Hooper, juru bicara Council on American-Islamic Relations (CAIR) di Washington, mengatakan kepada Reuters dikutip OnIslam.net.

Kata-kata Hooper itu merujuk pada keputusan Dewan Kota Kennesaw, Georgia yang menolak usulan pembangunan masjid pada Senin malam, 1 Desember 2014.

Menurut juru bicara kota Pam Davis, keputusan tersebut dikeluarkan karena terbentur aturan zonanisasi yang melarang tempat ibadah berdiri dekat zona pusat perbelanjaan.

"Itu hanya masalah penggunaan lahan saja," kata Davis.

Namun komunitas muslim tidak menerima alasan tersebut. Mereka melihat hal itu sebagai serangan terhadap hak-hak persamaan dalam First Amendement AS.

"Kami anggap itu adalah keputusan diskriminatif dan itu melanggar persamaan hak," Douglas Dillard, pengacara warga muslim kepada Marietta Daily Journal.

"Mereka tidak punya alasan menolak itu," katanya, sambil menambahkan bahwa warga kemungkinan akan menggugat keputusan dewan kota tersebut.

Davis mengakui ada gereja yang diizinkan beroperasi di kawasan pusat perbelanjaan di Kennesaw, sebuah kota dengan penduduk 300 ribu jiwa sekitar 30 mil barat laut Atlanta.

Tapi lokasi itu berada di zona yang benar-benar berbeda dari masjid yang akan dibangun komunitas muslim.

Di seluruh AS, pembangunan masjid menghadapi penolakan keras akhir-akhir ini.

Sedikitnya 18 proyek pembangunan masjid – mulai dari Mississippi hingga Wisconsin – menghadapi penolakan dengan berbagai alasan, termasuk masalah lalu lintas hingga ketakutan akan terorisme.

Bahkan, dalam beberapa kasus, masjid menjadi sasaran kerusuhan seperti pembakaran masjid di Wichita pada 2011.

Dalam kota New York yang multi-budaya, usul pembangunan sebuah masjid dekat lokasi Ground Zero telah menjadi debat publik dan politik nasional. Penolak pembangunan masjid beralasan bahwa bangunan muslim akan menjadi penghinaan bagi korban serangan teroris 9/11. | sumber: dream.co.id

  • Uncategorized

Leave a Reply