Sukses Hidupkan Turbin Listrik, PT KKA akan Produksi Kertas

PT Kertas Kraf Aceh (KKA) di Desa Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, mulai berdenyut dengan beroperasinya turbin pembangkit listrik  menghasilkan daya 11 megawatt (MW). Perusahaan yang sudah lama tiarap ini tengah menyiapkan langkah berikutnya untuk memproduksi kertas kantong semen.

“Kondisi saat ini, dari dua turbin (pembangkit listrik), satu sudah jalan. Satu lagi rencananya beroperasi mulai akhir September atau awal Oktober nanti,” ujar Humas PT KKA, Bustami, dihubungi ATJEHPOST.co lewat telpon seluler, Rabu, 27 Agustus 2014, sore.

Menurut Bustami, satu turbin pembangkit listrik itu mampu menghasilkan 11 MW. Kata dia, 2 MW saat ini dipakai untuk PT KKA dan 9 MW disuplai ke PLN. “Tapi kemampuan tampung PLN 7,5 MW, mereka sedang maksimalkan daya tampung, dan kita terus stabilkan turbin. Rencananya dari dua turbin itu nanti masing-masing menghasilkan 10 MW untuk PLN,” katanya.

Informasi dari pihak PLN menyebutkan, daya listrik dari turbin pembangkit PT KKA disuplai melalui gardu hubung bagian dari sistem 20 KV milik PLN. “Sudah singkron dengan sistsem (gardu hubung, trafo, jaringan/kabel, dan lainnya) 20 KV milik PLN,” kata satu sumber.

Bustami menyebutkan, PT KKA mengoperasikan turbin tersebut berawal dari penandatanganan kontrak dengan PT PLN akhir Desember 2013. “Kemudian rehab mesin-mesin, baru bisa dihidupkan Juli lalu. Turbin kita pakai (bahan bakar) gas. Sumber gasnya dari (Kilang LNG) Arun suplai ke PIM (PT Pupuk Iskandar Muda), dan kita konek dengan PIM. Dulunya kita konek dengan AAF (PT Asean Aceh Fertilizer) sebelum AAF mati,” ujarnya.

Sukses mengoperasikan turbin pembangkit listrik, kata Bustami, PT KKA kini mulai melakukan persiapan awal untuk kembali memproduksi kertas. “Dulu fokus listrik, karena sudah jalan, sekarang lakukan langkah-langkah untuk persiapan kertas. Jadi sedang dikaji untuk kertas, kalau ok, lanjutkan persiapan. Kita harapkan tahun 2016 sudah bisa produksi,” kata Bustami.[]

Berita terkait:

Ditantang Dahlan Kertas Kraft Aceh Berdenyut Lagi

  • Uncategorized

Leave a Reply