Sudah 9 partai politik daftarkan caleg di KIP Langsa

SEJAK dibuka masa pendaftaran pada 9 April lalu hingga hari ini sudah sembilan partai politik peserta Pemilu 2014 mendaftarkan bakal calon legislatif di kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa.

Berdasarkan data dari KIP Langsa, parpol yang sudah mendaftarkan bakal caleg yaitu PKS, Gerindra, PAN, PBB, PDIP, Demokrat, Hanura, PKPI dan PDA. “Yang belum mendaftar Partai Nasdem, PKB, Golkar, PPP, PA dan PNA,” kata Ketua KIP Kota Langsa Agusni AH SE kepada ATJEHPOST.com, Sabtu, 20 April 2013 siang tadi.

Menurut Agusni, peserta Pemilu 2014 di Kota Langsa ialah 12 parpol nasional dan  3 parpol lokal.  Diperkirakan, kata dia, nantinya jumlah secara keseluruhan mencapai 375 caleg jika semua parpol mendaftarkan bakal caleg 100 persen dari kuota, mewakili 3 daerah pemilihan (dapil). Sedangkan alokasi kursi DPRK Langsa, kata dia, dapil satu (Kecamatan Langsa Kota) 6 kursi, dapil dua (Kecamatan Langsa Lama dan Langsa Timur) 7 kursi dan dapil tiga (Kecamatan Langsa Barat dan Langsa Baro) 12 kursi.

Terkait kemungkinan kuota caleg parpol lokal mencapai 120 persen, KIP Langsa masih menunggu petunjuk dari KIP Aceh dan KPU Pusat. “KIP Kota Langsa akan menyurati parpol kalau sudah ada keputusan untuk itu. Yang jelas, berdasarkan ketentuan yang sudah ditetapkan, masa pendaftaran caleg akan ditutup pada 22 April 2013 nanti,” kata Agusni.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply