Suasana Kota Banda Aceh saat waktu salat Jumat

SUASANA saat pelaksanaan ibadah salat Jumat di Aceh, khususnya di Banda Aceh boleh dibilang menarik. Berbeda dengan suasana di kota-kota lainnya. Di Banda Aceh, ketika waktu ibadah salat Jumat tiba suasana kota terasa sangat lengang.

Aktivitas angkutan umum pada saat itu berhenti untuk sementara waktu, begitu juga dengan toko-toko, rumah makan, dan tempat-tempat umum lainnya. Seperti hari in, Jumat, 8 Februari 2013, sejak pukul 12.30 wib jalan-jalan protokol di Banda Aceh mulai sepi.

Di jalan Nyak Adam Kamil, Neusu, pada pukul 12.30 wib jalanan sepi. Hanya terlihat sejumlah anak sekolah di jalan. Suasana serupa juga terjadi di Jalan Teungku Chik Ditiro di kawasan Simpang Surabaya, padahal di kawasan ini biasanya sering terjadi kemacetan lalu lintas. Puluhan toko di sepanjang ruas kiri dan kanan jalan terlihat tutup.

Sementara di Jalan Teungku Daud Beureueh di kawasan Simpang Lima bak kota mati. Kondisi itu juga terlihat di kawasan Peunayong.

Sebaliknya suasana di masjid-masjid sangat ramai, seperti di Masjid Taman Makam Pahlawan. Amatan ATJEHPOSTcom di area parkir masjid dipenuhi oleh sepeda motor dan mobil jamaah masjid.

Begitu juga di Masjid Kuta Alam di Jalan T Hamzah Bendaraha, juga terlihat ramai dengan jamaah salat Jumat. Sejak pukul 12.45 wib masjid sudah ramai oleh jamaah. Sejumlah jamaah sengaja datang lebih awal agar bisa berzikir dan mengerjakan salat sunnah di masjid. Sebagian jamaah terlihat ada yang duduk di luar masjid.

Di Masjid Raya Baiturrahman, ratusan kendaraan parkir di badan jalan yang sudah disiapkan khusus untuk area parkir. Di masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini setiap hari Jumat memang menjadi tempat favorit untuk menunaikan ibadah salat Jumat. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk berwisata religi.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply