Suara Misterius Terekam di Komet 67P/CG, Berasal dari Alien?

 Ada suara misterius di dekat komet 67P Churyumov-Gerasimenko. Suara itu terekam oleh magnetometer wahana antariksa Rosetta yang tengah berada di orbit komet itu.

Rosetta merekamnya pada Agustus 2014 lalu, saat berada di ketinggian 60 kilometer dari permukaan komet berbentuk bebek itu.

Suara misterius tersebut awalnya terdengar seperti motor yang baru saja dinyalakan mesinnya, tetapi kemudian nadanya sedikit meninggi.

"Ini mengagumkan karena, bagi kita, ini benar-benar baru," kata Karl-Heinz Glabmeier, pimpinan Plasma Consortium Rosetta.

"Kami tak menduga ada suara ini, dan kami masih mencoba untuk memahami apa yang terjadi," imbuhnya seperti dikutip Daily Mail, Selasa (11/11/2014).

Apa sebab suara tersebut? Apakah dari alien? Sejauh ini, hal itu belum diketahui. Namun, ilmuwan menduga, suara itu berasal dari aliran partikel bermuatan di sekitar komet.

Sebenarnya, suara tersebut memiliki frekuensi 40-50 milihertz. Manusia tak bisa mendengarnya karena punya keterbatasan pendengaran pada frekuensi 20-20.000 hertz.

Glabmeier kemudian mengamplifikasi gelombang suara, dan mengunggahnya ke Soundcloud.

Wahana antariksa Rosetta adalah wahana milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang kini bertugas di komet bebek.

Wahana itu dikirim bersama instrumen robotik Philae yang diberi tugas mendarat di komet tersebut.

Rabu (12/11/2014) ini, Philae memulai misi pendaratan, dan diperkirakan akan sampai di permukaan komet sekitar pukul 23.02 WIB.

Misi pendaratan ini penuh risiko. Sedikit kesalahan bisa menggagalkan misi. Salah satu tantangannya adalah manuver awal untuk memastikan Philae terarah ke tempat yang tepat.

Philae ditargetkan akan mendarat di situs Agilkia, sebuah wilayah yang memiliki permukaan datar seluas lebih kurang 1 kilometer persegi.

Bila pendaratan ini berhasil, maka misi Rosetta-Philae akan mengukir sejarah, menjadi keberhasilan pertama bagi manusia untuk mendaratkan wahana di komet.[] sumber: kompas.com

  • Uncategorized

Leave a Reply