Steve Jobs, Pemberontak Jenius yang Cinta Keluarga

Salah satu buku yang paling laris dan banyak di cari di tahun 2011 adalah biografi pendiri Apple, Steve Jobs yang ditulis dengan sangat baik dan mendalam oleh seorang manajer editor Majalah TIME dan pendiri CNN Walter Isaacson.

Buku yang terbit tidak lama setelah sang tokoh meninggal dunia akibat kanker pankreas merupakan hasil wawancara Isaacson dengan lebih dari empat puluh kali dengan Jobs selama dua tahun, serta wawancara dengan seratus anggota keluarga, sahabat, musuh, pesaing dan kolega Jobs.

Kesan pertama membaca buku ini adalah sampul depannya yang berwarna hitam dan putih bersih seperti kebanyakan produk Apple yang merupakan foto Jobs di saat sukses bersama Apple dan sampul belakangnya yang merupakan foto saat ia pertama kali mendirikan Apple di garasi rumahnya.Tutur bahasa Isaacson yang mudah dicerna didukung terjemahan yang baik dari Penerbit Bentang, membuat anda akan tidak terasa  membacanya meskipun terdiri dari  41 bab.

Buku ini diawali dengan kisah masa kecil Jobs, kedua orang tua kandungnya yang merupakan pasangan aneh Abdul Fattah Aljandali dan Joanne Schieble yang melahirkan Jobs  kemudian di adopsi oleh pasangan suami istri yang sudah sembilan tahun tidak punya anak Paul Jobs dan Clara Hagopian ,kemudian  kisahnya saat Putus Kuliah di Universitas Reed, kepergiannya ke Atari dan India saat dia melakukan pencarian dirinya melalui spiritualitas Budha Zen, kisah tentang Apple I, Aplle II, serta kisah remajanya saat ia menghamili pacarnya Chrisann Brenan sehingga melahirkan seorang putri berna Lisa Nicole Brenan yang kemudian diakuinyasetelah  melalui tes DNA.

Bagian yang panjang lebar di bahas dalam buku adalah beberapa inovasi Jobs selama ia mendirikan Apple, merakit Macintosh, keluar dari Apple, bergabung bersama Pixar, NexT dan saat ia kembali membangun Apple dengan penuh kesungguhan dan kerja keras yang luar biasa. Bagi anda yang sudah memiliki produk Apple maupun belum, anda bisa menemukan rahasia desain Apple yang di bahas dalam dua bab khusus, prinsip desain dan Think Different.

Beberapa terobosannya membuat i-MAC, Apple Store, i-Tune Store, MACS abad 21,i-Phone, i-Pad yang masing- masing dibahas dalam satu bab, sehingga anda akan melihat bagaimana produk itu dibuat dengan sangat komprehensif dibahas dalam buku ini dan  sisi lain dari Jobs yang ciptaannya  bisa mengubah dunia. Ada juga pandangan khusus Jobs tentang rekan bisinis sekaligus saingannya Bill Gates, Google, dll. Serta cerita menarik setiap dia persentasi maupun peluncuran produk Apple yang selalu dinanti masyarakat di penjuru dunia.

Satu hal yang menarik dari buku ini adalah peranan istri Jobs Laurene Powell yang luar biasa sangat memahami Jobs sang CEO  jenius yang pemberontak dan pekerja keras ini meniti karirnya dan menemaninya saat ia berada di puncak kejayaan bersama Apple  maupun saat ia vonis kanker pankreas yang harus membuatnya cuti berkali-kali hingga akhirnya menyerahkan kepercayaan pada Tim Cook. Powell  memberi Jobs tiga orang buah hati,  satu orang anak laki-laki bernama Reed, dan dua orang gadis kecil Erin dan Eve. Dengan tabiatnya yang praktis dan penuh pertimbangan Powell sebagai  jangkar dalam kehidupan Jobs.

Buku ini sangat inspiratif bagi pembaca seperti halnya slogan produk ini, "Siapa saja orang yang cukup gila untuk berpikir bahwa mereka bisa mengubah dunia berarti mereka adalah orang yang benar-benar mengubah dunia,". Jadi bagi anda yang ingin mengubah dunia, buku ini sangat cocok untuk jadi referensi Anda.

  • Uncategorized

Leave a Reply