Home Sport Pantau Longsor, Jadi Kerja Ekstra Panitia Lokal Kejurda Arung Jeram di Gayo...

Pantau Longsor, Jadi Kerja Ekstra Panitia Lokal Kejurda Arung Jeram di Gayo Lues

112
0

GAYO LUES – Tampaknya Panitia Kejuaraan Daerah Arung Jeuram se-Aceh yang dibuka petang ini, harus punya tenaga tambahan, pasalnya hujan yang mengguyur Gayo Lues dan sekitarnya pada Kamis sore hingga malam, 8 Oktober 2015, menyebabkan beberapa titik longsor yang menyebabkan putusnya hubungan darat Kutacane Aceh Tenggara dengan Kecamatan Putri Betung Gayo Lues.

Pantauan media ini pada Kamis malam, panitia mendapat informasi apabila di beberapa titik di jalan negara kawasan Putri Betung telah longsor dan menyebabkan jalan putus total.

“Ada Panitia tambahan yang dikerahkan untuk memantau kondisi jalan, supaya perlombaan Arung Jeram yang dibuka besok (jum’at) tidak ada kendala. Panitia ingin memastikan kondisi jalan,” kata Ketua Panitia Kejurda Aruing Jeuram se-Aceh Rahmatsyah Putra yang biasa disapa Acil kepada Portalsatu.com di Putri Betong, Jum’at dini hari.

Disebutkan Acil, semua peserta sekarang sudah berkemah di kawasan dekat lokasi perlombaan, dan tidak ada keluhan. Soal hubungan transportasi pihaknya untuk memastikan kondisi jalan untuk para undangan dari berbagai daerah.

Sementara Kadis Pariwisata Gayo Lues Syafaruddin yang bertindak sebagai pembina acara tersebut ketika dihubungi sedang berada di lokasi longsor. Dijelaskannya apabila hujan  yang terjadi sejak sore telah menyebabkan beberapa titik mengalami longsor kecil dan masih bisa dilewati kendaraan roda empat. Hanya air akibat hujan cukup menganggu badan jalan.

“Di daerah Gempang Pekan, Puteri Betong, sekarang kondisinya tertutup longsor dan tidak bisa dilalui baik oleh roda dua,” kata Syafaruddin.

Dijelaskan, daerah Gempang  Pekan ada dua titik longsor parah yang menutupi jalan, sedangkan air yang melintasi jalan itu banyak ditemui di kawasan Gempang Leumpuh.

“Tapi sudah dikoordinasikan dengan pihak BPBD, insya Allah sudah bisa dilalui kendaraan,” ujar Pak Syaf, sapaan akrab Syafruddin ketika dihubungi kembali Jum’at pagi, 9 Oktober 2015. Begitu juga kondisi jalan yang menghubungkan Aceh Tengah-Gayo Lues, dapat dilalui, namun disarankan untuk menggunakan jalan melalui Desa Bintang.

Kejurda Arung Jeram akan dilaksanakan mulai Jum’at 9 Oktober hingga 12 Oktober 2015 di Sungai Alas, Kecamatan Putri Beutong, Gayo Lues. [] (mal)