Solusi Damai Palestina-Israel Bakal Gagal Tanpa Obama?

YORDANIA – Raja Yordania Abdullah II memperingatkan dunia internasional, solusi dua negara damai Israel dan Palestina tidak akan terwujud jika masa jabatan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama berakhir.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Sabtu 26 Januari 2013, peringatan itu dia sampaikan pada forum pertemuan ekonomi dunia di Kota Davos, Swiss, kemarin.

"Jika kita tidak terlambat, solusi dua negara damai Israel dan Palestina hanya bisa diwujudkan di masa kepemimpinan Presiden Obama. Jika tidak terwujud maka saya tidak yakin kita akan berhasil," kata dia.

Menurut dia, Yordania dengan sejumlah negara Arab dan tiga negara Eropa yakni Inggris, Prancis, dan Jerman akan menuju Ibu Kota Washington, Amerika pada Februari dan Maret mendatang untuk mendesak perdamaian dua negara itu.

Dia memperkirakan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu yang sedang mempersiapkan susunan kabinet usai memenangkan pemilihan umum pekan ini akan mendapat tekanan untuk mencapai perdamaian.

"Apa pun yang akan dilakukan Netanyahu untuk berkoalisi, dia tetap harus ingat, komunitas internasional akan menagih janjinya untuk berdamai dengan Palestina," ujar Abdullah II.

Pembicaraan damai antara Israel dan Palestina sudah tertunda selama dua tahun. Palestina selama ini marah atas pembangunan permukiman Israel di wilayah Palestina.

Calon Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry Kamis lalu mengatakan dia masih percaya ada jalan menuju perdamaian dua negara.[] sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply