Soal Transparansi, Mahasiswa Unsyiah Tuntut Tanggung Jawab Darni Daud

BANDA ACEH – Belasan mahasiswa Universitas Syiah Kuala dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di beberapa fakultas di kampus tersebut berdemonstrasi di depan Biro Rektor Unsyiah, Jumat 11 Mei 2012.

Mahasiswa menuntut transparansi dana, status baru, dan penghapusan rezim lama di Biro Rektorat. Aksi tersebut diwarnai pembakaran ban bekas oleh para pendemo.

Menurut Ketua BEM Fakultas Ekonomi, Indra, transparasi yang mereka maksud ialah dana Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), penyewaan fasilitas kampus, gaji-gaji pegawai honorer Unsyiah yang belum dibayar, serta uang tambahan pengawas ujian bagi pegawai yang sudah enam bulan tak dibayar.

Mahasiswa, kata Indra, juga meminta status Unsyiah yang baru yakni kejelasan status antara senat dan rektor agar tidak rangkap jabatan.

"Rezim lama seperti Darni Daud (mantan Rektor Unsyiah) bagaimana status selama menjadi menjadi rektor. Apakah ada laporan pertanggungjawabannya apa menghilang saja," kata Indra.

Beberapa waktu lalu, kata dia, tuntutan tersebut pernah mereka usung dalam sebuah spanduk yang dipasang di kawasan kampus. Namun, kata Indra, spanduk itu kemudian raib.

Hingga berita diturunkan, lima perwakilan mahasiswa sudah masuk ke ruang Biro Rektor Bidang Kemahasiswaan untuk membahas tuntutan tersebut.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply