Soal rancangan qanun jinayat, ini kata Adnan Beuransyah

ANGGOTA Badan Legislasi DPR Aceh, Adnan Beuransyah mengatakan penerapan syariat Islam di Aceh harus menyeluruh. Hal ini disampaikannya menyikapi adanya permintaan masyarakat terkait Rancangan Qanun Jinayat dan Acara Jinayat di Aceh.

"Penerapan syariat Islam harus menyeluruh, maka kita akan memulainya dengan Qanun Syariat Islam terlebih dahulu," kata dia kepada ATJEHPOSTcom usai mengikuti rapat Badan Legislasi DPR Aceh, Selasa 19 Februari 2013.

Kata dia, sebelum adanya qanun tersebut ada baiknya diberikan pemahaman dahulu tentang agama. Pemahaman tentang agama ini yang bakal diatur dalam rancangan qanun nantinya.

"Dalam qanun itu, akan lebih ditekankan untuk pemahaman ilmu masyarakat terlebih dahulu. Misalnya saja tata cara bertamu. Kita memberikan salam, jika sudah diizinkan masuk baru kita dapat bertamu di rumah orang. Hal-hal yang seperti ini harus dijadikan pemahaman, sehingga untuk menerapkan qanun jinayat ke depannya nanti akan berjalan dengan baik," ujar Adnan yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi A DPR Aceh.

Kendati demikian, kata Adnan, pihaknya akan mengupayakan agar qanun jinayat masuk di raqan prioritas dalam prolega Aceh 2013.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply