Soal Pengibaran Bendera di Gunung Halimun, Agusta Mukhtar: Aceh Bagian NKRI

Soal Pengibaran Bendera di Gunung Halimun, Agusta Mukhtar: Aceh Bagian NKRI

BANDA ACEH – Direktur Aceh Judicial Monitoring Institute (AJMI), Agusta Mukhtar menyesalkan adanya pernyataan salah satu anggota legislatif yang mempertanyakan pengibaran bendera merah putih di Cot Khan, Gunung Halimun, Kabupaten Pidie, pada acara peringatan HUT ke-70 RI.

“Kami menyesalkan adanya pernyataan salah satu anggota legislatif, juga sebagai lembaga negara yang mempertanyakan pengibaran bendera merah putih di Gunung Halimun pada 17 Agustus 2015 nanti,” kata Agusta Mukhtar kepada portalsatu.com, di Banda Aceh, Senin, 10 Agustus 2015.

Menurutnya, setiap tanah di Aceh merupakan tanah Negara Republik Indonesia.

Katanya, di mana pun dan siapa pun berhak menaikkan bendera merah putih yang merupakan bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia di tanah Aceh.

“Apalagi Aceh adalah bagian dari NKRI,” ujarnya.

Ia mengingatkan agar anggota legislatif Aceh jangan mengeluarkan pernyataan yang dapat memprovokasi dan mengganggu perdamaian Aceh. “Intinya kami dari AJMI sangat menyesalkan statemen anggota legislatif itu,” ujar Agusta Mukhtar.

Sebagai informasi, Gunung Halimun tersebut merupakan tempat almarhum Dr. Hasan Tiro mendeklarasi Gerakan Aceh Merdeka pada 4 Desember 1976. Pada 15 Agustus 2005, Gerakan Aceh Merdeka sudah berdamai dengan Pemerintah Indonesia dan sepakat berada dalam NKRI sesuai dengan MoU Helsinki. [] (mal)

Leave a Reply