Soal kuota caleg, KIP Aceh: Apapun kata KPU kita laksanakan

KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Aceh sampai hari ini masih menunggu petunjuk dari KPU Pusat tentang kuota pencalonan calon anggota legislatif atau caleg. KIP Aceh akan melaksanakan ketentuan menyangkut hal itu sesuai petunjuk KPU Pusat.

“Belum ada (jawaban dari KPU), kita akan tunggu terus. Jika sampai pada waktunya atau sampai DCS (Daftar Caleg Sementara) selesai diverifikasi, tidak ada jawaban maka akan kita laksanakan seperti Peraturan KPU (Nomor 7 tahun 2013-red),” kata Wakil ketua KIP Aceh Ilham Syahputra saat dihubungi ATJEHPOSTcom, tadi sekitar pukul 14.30 WIB, Rabu, 24 April 2013.

Sebagaimana diketahui, sebagian partai politik peserta Pemilu 2014 menyerahkan DCS ke KIP Aceh dan KIP kabupaten kota dengan kuota 120 persen dari jumlah kursi dewan, mereka merujuk Qanun Nomor 3 tahun 2008. Sebagian lainnya menyerahkan DCS dengan kuota 100 persen sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 tahun 2013.

Mengapa KIP Aceh tidak menggunakan Qanun Nomor 3 tahun 2008 dalam penerimaan DCS? “Kami melihat Qanun itu hanya untuk parlok (partai politik lokal), tapi konsiderannya, Undang-Undang Nomor 10 tahun 2008 sudah tidak berlaku lagi, karena sudah ada undang-undang baru, Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 yang menyatakan kuota pencalonan 100 persen dari jumlah kursi dewan,” kata Ilham Syahputra.

Ilham menambahkan, dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) tidak diatur tentang 120 persen kuota pencalonan caleg. Sedangkan Qanun Nomor 3 tahun 2008, kata dia, adalah peraturan yang lebih rendah dari Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012.  

“Qanun tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi yaitu UU Nomor 8 tahun 2012. Pokoknya (menyangkut kuota caleg) kita tunggu jawaban KPU, apapun kata KPU, kita laksanakan,” kata Ilham Syahputra.

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik saat dihubungi tadi sekitar pukul 16.10 WIB, telpon selularnya tidak aktif. Sedangkan Komisioner KPU Bidang Hukum, Ida Budhiati tidak mengangkat panggilan masuk. Ida juga belum merespon layanan pesan singkat yang dikirim ke telpon genggamnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply