Soal Berita Rohis, Metro TV Datangi Dewan Pers

JAKARTA-Setelah berkali-kali didemo alumni Rohani Islam (Rohis), Metro TV akhirnya mendatangi Dewan Pers. Metro TV mengklarifikasi pemberitaan yang ditayangkan pada 5 September 2012. Lembaga penyiaran swasta itu kembali menyatakan permintaan maafnya.

Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, mengapresiasi itikad baik dari stasiun televisi yang dipimpin oleh Surya Paloh itu untuk menjelaskan soal tayangan yang menyebut Rohis merupakan sarang teroris.

"Ternyata memang ada hal-hal kurang akurat, tetapi Dewan Pers tidak melihat etika buruk. Persoalan lainnya masih persoalan jurnalistik yang harus diselesaikan secara jurnalistik pula," kata Bagir.

Hal itu disampaikan Bagir kepada wartawan usai bertemu dengan perwakilan Metro TV di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (19/9). Hadir dari Metro TV, Putra Nababan, Najwa Shihab, dan Suryopratomo.

Menurut Bagir, telah terjadi ketidakakuratan dalam pemberitaan yang juga mengundang narasumber dari Universitas Islam Negeri, Prof Bambang Pranowo. Seharusnya, kata dia, Metro TV mengundang narasumber lain agar komentar dan pemberitaan menjadi berimbang.

"Dewan Pers membuat penilaian acara itu kurang akurat dan merekomendasikan Metro TV mengoreksi dan ternyata mereka sudah melakukan itu, sudah dikoreksi dan sudah meminta maaf," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemberitaan Metro TV, Suryopratomo mengakui pihaknya telah melakukan kesalahan karena tidak menyebutkan info-info yang lengkap. Metro TV pun sudah meminta maaf pada Sabtu kemarin lewat berbagai tayangan.

"Ada pelanggaran, tetapi memang ada kekurangan yang dilakukan Metro TV karena tidak menyebutkan sumber dari infografis yang ditayangkan. Metro TV sudah menyampaikan kepada Dewan Pers bahwa Metro TV sejak hari Sabtu sudah menyampaikan permintaan maaf atas kekeliruan secara profesional jurnalistik yang dilakukan ketika Metro TV tidak memunculkan sumber info grafis yang sebetulnya berasal dari hasil penelitian Prof Bambang Pranowo," ujar Suryopratomo. | sumber:merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply