Snowden beberkan tindakan NSA langgar kebijakan privasi

SNOWDEN membeberkan dokumen pelanggaran kebijakan privasi serta aturan hukum yang dilakukan badan keamanan nasional Amerika atau NSA dalam dua tahun terakhir.

Sejumlah media melaporkan pihak keamanan setempat merasa was-was akibat pemaparan tentang bukti kuat adanya dugaan telah terjadinya penyadapan ilegal terhadap warga Amerika yang dilakukan pihak keamanan setempat. Snowden merupakan mantan pekerja di badan keamanan Amerika Serikat. Saat ini dia telah mendapat suaka politik di Rusia.

BBCNews pada hari Jumat, 16 Agustus 2013 melaporkan bahwa Snowden yang telah meninggalkan Amerika sejak bulan Juni lalu, telah membocorkan sejumlah dokumen rahasia penting milik badan intelijen Amerika dan Inggris ke sejumlah media Amerika seperti The Guardian and The Washington Post.

Kesalahan operator

Dokumen-dokumen yang dimaksudkan tersebut menunjukkan bahwa telah terjadinya penyadapan pada telepon serta email yang dilakukan oleh badan intelijen Amerika terhadap warga Amerika maupun warga asing yang berada di wilayah kekuasaan Amerika.

Namun pihak keamanan Amerika membantah hal itu dan mengatakan tindakan ini dilakukan akibat suatu kesalahan fatal akibat sistem metode penyimpanan data rahasia. Sehingga badan pengawasan pengadilan Amerika perlu meninjau ulang hasil konstitusitusi yang telah diputuskan pada waktu sebelumnya.

Dalam suatu contoh peristiwa yang terjadi pada tahun 2008 silam, sejumlah pasukan keamanan ditempatkan di berbagai titik di kota Washington DC menyusul terjadinya kesalahan dalam sebuah program komputer setelah adanya kode "202" pada kode telepon wilayah Washington DC. Saat ini kode akses tersebut masih dianggap misterius.

Reaksi pihak keamanan Amerika

Sementara itu, pihak keamanan Amerika mulai memantau serta memutuskan beberapa data penting dari jaringan optik yang di hubungkan ke komputer badan keamanan Amerika (NSA) untuk dilakukan analisa lebih lanjut. Selang beberapa bulan kemudian, pihak intelijen di bidang pengawasan terhadap dokumen rahasia asing (FISC) mulai memberlakukan aturan perlindungan terhadap data-data asing yang diberikan oleh konstitusi Amerika Serikat.

Edwar Snowden dituduh melakukan kejahatan spionase serta cybercrime di pengadilan federal Amerika Serikat. Saat ini Snowden berada di Rusia, dimana presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan suaka politik terhadapnya selama setahun.[] (bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply