Siswa Sekolah Demokrasi gali pengetahuan di Baitul Mal Aceh Utara

SISWA Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) angkatan ketiga mengunjungi Baitul Mal Aceh Utara, Jumat pagi, 19 Juli 2013. Kunjungan ini untuk menambah pengetahuan dalam menunjang proses demokrasi yang baik dan tepat. Mereka diterima Kepala Sekretariat Baitul Mal, Ridwan.

“Kunjungan ini kegiatan out class sebagai salah satu bentuk untuk menunjang pengetahuan para siswa. Juga salah satu bentuk mempererat silaturrahmi,” ujar Bisma, salah satu Fasilitator SDAU angkatan tiga, pada ATJEHPOSTcom, Jumat, 19 Juli 2013.

Dalam kunjungan itu siswa SDAU mempelajari sejarah Baitul Mal Aceh Utara yang dulunya diberi nama Badan Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (BAZIS). Mereka juga mempelajari struktur kepengurusan baitul mal, metode pengumpulan zakat dan penyaluran zakat bagi seluruh masyarakat yang ada di kabupaten tersebut.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Utara, Ridwan, mengatakan sangat senang dengan kehadiran para siswa tersebut. Kata dia, kunjungan ini akan lebih mempererat hubungan baik. “Bisa saling bertukar pikiran,” katanya.

Ridwan menjelaskan beberapa ha. Di antaranya, srtuktur baitul mal yang dibagi tiga yaitu dewan pengawas, badan pelaksana dan kesekretariatan. Kata dia, dewan pengawas ditempati para pakar, ulama dan cendikiawan muslim.

“Kerja kita di baitul mal melayani masyarakat, menerima dana-dana masyarakat yang dihimpun dari zakat dan infak. Kemudian dikelola dan diteruskan dengan baik kepada penerima zakat yang berhak sesuai ketentuan,” ujar Ridwan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply