Sidang Kasus TVRI, Satu Terdakwa Tidak Hadir

BANDA ACEH – Eprizal Saleh, salah seorang terdakwa dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi TVRI Staisun Aceh tidak hadir dalam lanjutan sidang kasus tersebut yang digelar di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh, Senin 12 September 2012.

Menurut kuasa hukumnya, Eprizal tidak bisa dihadirkan karena sedang dalam keadaan sakit. "Terdakwa sedang dirawat inap di rumah sakit Harapan Bunda Banda Aceh," kata Yahya Alinsa, kuasa hukum Eprizal Saleh.

Eprizal Saleh adalah mantan Kepala Bidang Penyiaran TVRI Stasiun Aceh, dia didakwa secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi bersama dengan Kepala TVRI Aceh Nilwan Yus, Kepala Bidang Program TVRI Aceh Saiful Bahri dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan di Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telekomunikasi Aceh Safwan Achmad.

Karena tidak hadir salah satu terdakwa, majelis hakim yang dipimpin oleh Abu Hanifah mengambil kesimpulan untuk tetap melanjutkan persidangan dengan menghadirkan 3 orang terdakwa lainnya, yaitu Nelwan Yus, Saiful Bahri dan Safwan Achmad.

Agenda sidang hari ini menghadirkan saksi ahli oleh terdakwa Nelwan Yus, akan tetapi kuasa hukum dari Nilwan Yus, Kamaruddin, menyatakan belum bisa menghadirkan saksi ahli dan meminta pengunduran waktu. Menurut Kamaruddin, saksi ahli yang hendak dihadirkan adalah ahli informatika dari Binda Sarana Informatika (BSI) Jakarta.

"Kita sudah mencoba menghubungi ke Jakarta, tapi belum ada jawaban," kata Kamaruddin kepada majelis hakim dalam sidang tersebut.

Karena kondisi tersebut, sidang dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi lainnya yaitu Saiful Bahri dan Safwan Achmad. Saiful dan Safwan, yang keduanya merupakan terdakwa, dalam sidang tersebut bertindak sebagai saksi terhadap terdakwa Nilwan Yus. []

  • Uncategorized

Leave a Reply