Siap-siap Menanti Supermoon Sabtu Malam

SUPERMOON  akan terlihat Sabtu malam pada saat bulan purnama mencatat jarak terdekat ke Bumi dibandingkan posisi lainnya pada tahun ini. Purnama terdekat terjadi mulai Sabtu malam dan puncaknya pada Minggu pagi pukul 10.35 WIB.

Menurut space.com, bulan purnama terjadi pada Sabtu, 5 Mei 2012, pukul 11.35 PM, EDT (waktu timur Amerika) atau Minggu pagi waktu Indonesia, yang bertepatan dengan perigee (orbit terdekat bulan ke Bumi). Peristiwa ini hanya terjadi sekali dalam setahun.

Peristiwa itu akan menghasilkan pemandangan mengesankan, terutama setelah matahari terbenam ketika bulan akan muncul dengan warna mencolok dan terasa lebih besar dari normal di atas cakrawala.

Pada titik terdekat, bulan akan berjarak 222.000 mil (357.000 kilometer) dari Bumi. Hal itu menyebabkan gelombang tinggi dan rendah sedikit lebih ekstrem dari biasanya.

Dr Robert Massey, dari Royal Astronomical Society, mengatakan peristiwa tersebut akan terlihat jelas dengan mata telanjang, meski dampaknya terhadap Bumi minimal. "Anda akan melihat bulan secara signifikan lebih besar dari biasanya, dan itu berarti kisaran pasang-surut sedikit lebih lebar dari biasanya," katanya.

Para astronom menegaskan bahwa ketakutan yang sering diutarakan bahwa supermoons–istilah yang diciptakan pada 1970-an–bertepatan dengan bencana alam sepenuhnya tidak berdasar.

Geza Gyuk, astronom dari Planetarium Adler di Chicago, mengatakan kepada National Geographic, "Sementara kita tahu bahwa saat bulan baru pasang-surut mencapai titik terbesar (dan jika disertai gelombang badai akan menghasilkan banjir yang tidak biasa), tidak ada bukti ilmiah bahwa gempa bumi dan bencana alam lainnya terhubung dengan supermoon."

Menurut dia, supermoons telah terjadi selama miliaran tahun dan tidak ada yang khusus terjadi pada saat-saat itu, kecuali, tentu saja, bulan purnama yang indah.

Saat supermoon, bulan akan terlihat sekitar 16 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama lainnya. | sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply