Siang Ini, Partai Baru Irwandi Didaftarkan

BANDA ACEH – Partai baru bentukan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf bersama sejumlah mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM), siang ini, 24 April 2012, akan didaftarkan di Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh di Banda Aceh.

"Pendaftaran dilakukan pukul 10.30 nanti," kata Thamren Ananda, staf Humas Seuramoe Irwandi-Muhyan, Selasa pagi, 24 April 2012.

Rencana pembentukan partai ini muncul ke publik setelah pertemuan sejumlah mantan GAM di Asrama Haji Banda Aceh pada 13 Februari 2012. Tiga hari berselang, rencana itu kembali dimatangkan dalam pertemuan di Hotel Hermes, Banda Aceh. (baca: Irwandi Dirikan Partai Lokal Baru)

Pembentukan partai baru ini adalah buntut perpecahan di tubuh mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang awalnya bernaung di bawah Partai Aceh, partai lokal yang muncul setelah penandatanganan perjanjian damai MoU Helsinki antara pemerintah Indonesia dan GAM pada 15 Agustus 2005 silam.

Selain Irwandi, para mantan GAM yang bergabung di partai baru ini antara lain mantan juru bicara TNA Sofyan Daud, Muksalmina, mantan panglima GAM Aceh Besar Muharram serta sejumlah mantan panglima GAM tingkat kabupaten yang kini mengambil jalan berseberangan dengan Partai Aceh.

"Kami akan membentuk partai baru untuk melawan PA (Partai Aceh," kata Sofyan Daud usai pertemuan di Hotel Hermes. (lihat: Video Statemen Sofyan Dawood Soal Partai Barunya)  
 

  • Uncategorized

Leave a Reply