Serunya Diskusi Bareng Finalis Duta Pariwisata Aceh

BANDA ACEH – Sekitar 50 siswa SMAN 4 Banda Aceh hari ini berdiskusi tentang pariwisata Aceh bersama finalis Duta Pariwisata Aceh 2012 di Aula SMAN 4 Banda Aceh di Lampineung, Sabtu, 20 Oktober 2012.

Diskusi itu menjelaskan tentang potensi wisata Aceh dan bagaimana menjaga dan mengembangkan potensi tersebut. Materi disampaikan oleh beberapa finalis dari berbagai daerah di Aceh.

Siti Hajar, salah satu finalis asal Bener Meriah mengatakan dengan memanfaatkan potensi wisata Aceh bisa mengurangi pengangguran.

“Dengan membuka usaha di daerah pariwisata, masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan  bisa mencari penghasilan dari usaha  yang dibukanya,” ujarnya.

Diskusi itu juga membahasa mengenai potensi wisata islami, namun dalam realisasinya masih ada kendala.

“Bagaimana kita bisa meyakinkan ke orang luar bahwa Aceh memiliki wisata islami, sedangkan tempat wisataya masih banyak yang tidak sesuai dengan syariat,” tanya Zura, salah satu peserta.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan peserta meliputi sikap masyarakat yang selama ini dinilai masih kurang terbuka. Lalu terkait soal kutipan untuk masuk ke tempat-tempat wisata yang belum dikelola secara profesional. Para peserta mengaku kegiatan diskusi tersebut sangat bermanfaat untuk mereka.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply