Seribu Hektare Sawah di Aceh Utara Dilanda Kekeringan

Kemarau panjang selama beberapa bulan terakhir menyebabkan lebih 1000 hektare sawah masyarakat di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, dilanda kekeringan. Akibatnya petani terancam gagal turun ke sawah.

"Seharusnya awal bulan Juni lalu musim tanam tiba akibat terjadi keterlambatan selama tiga bulan dikarenakan tidak ada air di saluran irigasi," ujar Keujreun Blang Kecamatan Meurah Mulia, Abdul Hadi, 43 tahun, Sabtu, 9 Agustus 2014.

Hal ini, kata dia, sangat mengkhawatirkan dikarenakan sawah tidak bisa digarap. “Kekeringan seperti ini tampaknya tidak hanya di kawasan Kecamatan Meurah Mulia saja, namun juga terjadi di beberapa kecamatan lainnya,” katanya.

Menurut Abdul Hadi, wilayah tersebut dilanda kekeringan terparah tahun ini. Salah satu penyebabnya karena suplai air dari Krueng Pase yang berkurang.

“Kalau tidak ada air irigasi maka sangat sulit untuk mencari sumber air guna menyalurkan ke sawah-sawah. Kita sebagai petani sangat resah jika musim tanam atau turun ke sawah mengalami keterlambatan akibat kemarau yang berkepanjangan,” ujarnya[]

  • Uncategorized

Leave a Reply