Serapan APBA Lemah, Setda Aceh Kembali Ingatkan SKPA

SEKRETARIS Daerah (Setda) Aceh Darmawan mengingatkan seluruh kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) untuk meningkatkan pencapaian serapan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2014.  Hal itu disampaikannya ketika pelantikan Kepala Dinas Bina Marga Aceh, Anwar Ishak di aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Rabu 30 April 2014.

“Perlu saya ingatkan, bahwa masalah kinerja perlu mendapat sorotan kita semua, karena ada sejumlah SKPA yang kinerjanya belum memuaskan,” katanya. Pernyataan ini berdasarkan surat teguran pertama yang dikeluarkan Gubernur Aceh Nomor 903/12800 tanggal 21 April 2014 untuk sejumlah SKPA.

“Kami menilai capaian kinerja SKPA itu sangat lemah,” ujar dia.

Dikatakan Darmawan, surat teguran tersebut bertujuan meningkatkan kinerja SKPA terutama dalam serapan APBA 2014 yang dinilai masih rendah.

“Ke depan kinerja yang lamban ini jangan sampai terjadi lagi, mengingat gerak pembangunan yang kita laksanakan harus dipacu lebih kencang,” kata Setda Aceh.

Sementara terkait dengan program dan kegiatan 2014, dia berharap agar SKPA dapat mendorong implementasi pelaksanaan rencana program dan kegiatan yang ditetapkan. “Waktu tahun anggaran 2014 memang masih ada delapan bulan lagi, namun SKPA jangan sampai lalai. Tetap bekerja secara optimal dan efesien,” ujarnya.

Begitupun dia mengingatkan agar pengelolaan yang dilakukan harus sesuai peraturan perundang-undangan. Jangan sampai terjadi penggunaan anggaran yang mengakibatkan inefesiensi dan menyalahi aturan.

“Kami selaku Pemerintah Aceh setiap saat akan memantau kinerja SKPA, dan akan melakukan tindakan manakala SKPA terseut tidak mau berbenah diri,” kata Darmawan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply