Selalu Direndam Banjir Tahunan, Beberapa SD di Aceh Utara Butuh Perbaikan

TANAH JAMBO AYE – Sejumlah ruang belajar sekolah dasar (SD) di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, sangat rendah sehingga saat hujan deras mengguyur langsung terendam banjir.

"Demikian juga dengan kantor dewan guru. Bahkan tahun ini saja beberapa SD sudah tiga kali terendam," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Tanah Jambo Aye, Muhammad, kepada ATJEHPOSTcom, Senin 24 Desember 2012.

Dia merincikan, ada lima ruang belajar di SD Negeri 7 yang perlu direhabilitasi. Sementara ruangan di SD Negeri 1 yang membutuhkan perbaikan menurut Muhammad,  ada empat ruang belajar dan pembangunan satu kantor dewan guru.

"Sedangkan di SD Negeri 20 butuh rehabilitasi tiga ruang belajar dan tanah timbunan untuk pekarangan sekolah yang memang sangat rendah,” ujarnya.

Seperti diketahui, enam sekolah dasar di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, terendam banjir, Senin 24 Desember 2012. Pelaksanaan ujian semester I tahun ajaran 2012-2013 di hari pertama tetap berjalan lancar, meski siswa harus membuka sepatu karena ruang belajar terendam banjir.

Sekolah yang terendam banjir itu SD Negeri 5, SD Negeri 1, dan SD Negeri 7 di Desa Rawang Iteik. Lalu ada SD Negeri 11 di Desa Biara Timu, SD Negeri 14 di Desa Teupin Bayu, dan SD Negeri 20 di Meunasah Geudong.

Kondisi terparah terjadi di SD Negeri 1 dan SD Negeri 7 dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Banjir terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan saluran pembuangan air Kecamatan Tanah Jambo Aye yang tersumbat.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply