Sekda Aceh buka rapat koordinasi Pokja pembangunan kota terpadu mandiri

SEKRETARIS Daerah Aceh T Setia Budi membuka secara resmi rapat koordinasi kelompok kerja pembangunan dan pengembangan kota terpadu mandiri Aceh tahun 2013. Rapat digelar di Grand Nangrroe Hotel sejak Senin malam, 23 September 2013.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas penduduk Aceh, Zulkifli dan sejumlah pejabat lainnya di lingkup Sekretariat Aceh.

Dalam sambutanya, Sekda T Seti Budi mengatakan pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) secara nasional dilaksanakan bersarakan Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI nomor 214/MEN/2007.  KTM  adalah kawasan transmigrasi yang pertumbuhannya dirancang menjadi pusat pertumbuhan melalui pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan. KTM mempunyai fungsi sebagai pusat kegiatan pertanian berupa pengolahan barang pertanian jadi dan setengah jadi serta kegiatan agribisnis, pusat pelayanan agroindustri khusus dan pemuliaan tanaman unggul.

"Pelaksanaan rapat tahun 2013 merupakan tindak lanjut dari rapat Pokja KTM Aceh yang dilaksanakan di tahun 2012. Rapat koordinasi Pokja KTM Aceh ini merupakan peluang untuk dapat lebih meningkatkan pembangunan," katanya.

Menurutnya, rapat Pokja tahun 2013 lebih diarahkan untuk mendorong peran semua sektor agar lebih aktif dalam mendukung pembangunan kawasan KTM yang telah memiliki maseter plan.

"Juga diharapkan mendorong calon KTM lainnya utuk segera menyusun Master Plan," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Panitia Pelaksana Rapat Koordinasi KTM, Samsul Kamal, mengatakan rapat digelar selama tiga hari sejak tanggal 23 September sapai dengan 25 September 2013. Rapat diikuti oleh enam orang kepala dinas yang menangani ketransmigrasian, 27 orang dari 3 pokja KTM pada sembilan kabupaten, 14 orang pokja KTM provinsi dan 6 orang Pokja KTM daerah lainnya serta 2 pokja KTM pusat.

"Diharapkan dengan rapat ini adanya keterpaduan program antar sektor di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam membangun dan mengembangkan KTM," ujarnya.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply