Sejuknya Ibadah di Masjid Unik Berlapis Tumbuhan

Turki dikenal sebagai negara yang memiliki salah satu bangunan masjid nan indah. Salah satunya masjid biru atau masjid Yesil, yang terletak di Istanbul.

Terletak di area Adana, Turki bagian selatan, sekitar 20 kilometer dari laut Mediterania. Indahnya bangunan masjid ini terlihat dari seluruh permukaan masjid yang dilapisi dengan tanaman ivy, sejenis tumbuhan merambat.

Tanaman ivy ini benar-benar merambat hingga menara masjid, seperti halnya menara Rapunzel dalam film Tangled karya Disney. Tumbuhan ini dipercaya dapat melindungi konstruksi bangunan dari kerusakan.

Menurut ketua takmir masjid ini, Kadir Or, Masjid Yesil tidak pernah direnovasi sekalipun sejak dibangun pada 1965 silam. Berkat tanaman ivy yang melapisi masjid, membuat tempat ibadah ini tak mudah lapuk.

Selain tanaman rambat ivy, di masjid ini juga dilengkapi dengan taman yang memiliki bunga warna-warni. Taman ini diyakini dapat memberikan ketenangan saat beribadah, karena para jamaah akan merasa sejuk meski di musim panas.[] sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply