Seekor gajah ditemukan mati di Geumpang

SEEKOR gajah jantan dilaporkan mati di Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie pada Kamis kemarin, 9 Mei 2013 sekitar pukul 09:00 WIB.

"Masyarakat menemukanya di Dusun Cot Batu Jalan Blang Gajah. Gajah tersebut diperkirakan berumur 10 tahun dan sudah memiliki gading sekitar 50 sentimeter," kata Geuchik Gampong Bangkeh Sayarifuddin kepada ATJEHPOSTcom, Jumat 10 Mei 2013.

Kata Syarifuddin kematian satwa yang dilindungi negara tersebut diduga karena tersengat listrik sekitar 150 meter dari rumah warga gampong setempat. Saat ditemukan, kata dia, di belalai gajah tersebut terdapat lilitan kabel listrik.

Koordinator polisi hutan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Zulkifli yang dikonfirmasi ATJEHPOSTcom, Jumat 10 Mei 2013, mengatakan tim dari BKSDA sudah ke lokasi dan melakukan otopsi terhadap bangkai satwa tersebut.

"Untuk mengetahui sebab musabab kematian gajah tersebut, tim BKSDA telah mengambil sampel jantung, ginjal dan usus gajah tersebut untuk dibawa ke Badan Penelitian Veteriner di Banda Aceh guna diteliti lebih lanjut," kata Zulkifli.

Melihat kondisi di lapangan, kata dia, kematian gajah tersebut bukan karena jebakan masyarakat tapi karena tersengat arus dari kabel listrik yang menghubungkan antara rumah penduduk.

"Tapi kita tetap akan menyelidiki kemungkinan lain melalui otopsi yang akan diselidiki di Balai Penelitian Veteriner," kata Zulkifli.[](ma)

  • Uncategorized

Leave a Reply