“Khanduri Apam” Digelar di Festival Kuliner Aceh

“Khanduri Apam” Digelar di Festival Kuliner Aceh

BANDA ACEH – Memasuki hari kedua pagelaran Festival Kuliner Aceh 2015, acara ini kembali dimeriahkan dengan kegiatan “Khanduri Apam” yang dibuat pada pukul 10:00 WIB hari ini, Senin, 8 Juni 2015.

Khanduri apam merupakan tradisi yang sangat populer di Kabupaten Pidie. Khanduri atau kenduri ini biasa dibuat bertepatan dengan peringatan Isra Mi’raj pada 27 Rajab. Pada zaman dulu kenduri apam juga dibuat ketika ada pria yang sudah baligh tidak melaksanakan salat Jumat hingga tiga kali berturut-turut. Keluarga lelaki tersebut biasanya terkena sanksi adat untuk membuat 100 porsi apam yang disedekahkan ke masjid untuk dimakan bersama-sama oleh jamaah.

Informasi diterima portalsatu.com, di Festival Kuliner Aceh nanti, prosesi ini akan dikomandoi Lembaga Peubeudoh Sejarah, Adat dan Budaya atau Peusaba. Pengunjung akan disuguhkan sejarah khanduri apam, hikayat, tradisi memasak apam dan juga cara menikmati kue khas Aceh ini. Bukan hanya itu, pengunjung bisa menyantap kue ini secara gratis.

Festival Kuliner Aceh 2015 masih akan berlangsung hingga besok, Selasa, 9 Juni 2015 di Taman Ratu Safiatuddin atau di kompleks arena PKA Banda Aceh.

Acara ini dibuka dengan khanduri Masam Keueng atau asam pedas, yang menghadirkan ragam hidangan gulai asam pedas khas Aceh seperti masam keueueng geumuloh (bandeng) dan eungkot sure (tongkol), sie masang keueueng (daging sapi) dan being atau kepiting masam keueueng.

Pada hari ini juga akan menghadirkan kelas memasak 23 menu khas dari tiap kabupaten kota di Aceh. Pengunjung juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik akustik artis muda berbakat jebolan Indonesia Idol Kunto Aji. Belum lama ini Kunto Aji baru saja dinobatkan sebagai artis pendatang baru terbaik versi Indonesian Choice Award.[]

Leave a Reply