SBY Janjikan Rp 180 Triliun untuk Infrastruktur

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjanjikan anggaran infrastruktur tahun depan sebesar US$ 20 miliar atau Rp 180 triliun. Dana infrastruktur itu mencakup infrastruktur energi dan transportasi.

"Untuk tahun 2013, pemerintah telah menyiapkan US$ 20 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Dana ini akan kita fokuskan pada sektor energi dan transportasi," kata Presiden SBY di acara Asia-Pacific Ministers and Regional Governors Conference on Sustainable and Inclusive Infrastructure Development and Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2012 di JCC, Jakarta, Selasa (28/8/2012)

SBY menuturkan di sektor transportasi, menambah kapasitas jalan-jalan nasional sepanjang 4.278 km dari yang sudah ada. Pemerintah juga berencana untuk membangun jalan-jalan baru sepanjang 559 km, rel kereta api sepanjang 380 km dan 15 pelabuhan udara baru.

"Bagi Indonesia, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional. Sebab, infrastruktur selain merupakan pilar utama dari pertumbuhan ekonomi, dan komponen penting bagi pencapaian pertumbuhan berkelanjutan yang berkeadilan, juga merupakan bagian dari konektivitas antar daerah," katanya.

SBY mengaku telah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). MP3EI ini bagian dari peningkatan infrastruktur di Indonesia.

"Di bawah masterplan ini, sebanyak 135 proyek pembangunan infrastruktur dan sektor riil telah dimulai, dengan nilai investasi lebih dari 490 triliun rupiah. Melalui MP3EI, selain Pulau Jawa dan Sumatera yang relatif sudah lebih berkembang, kawasan-kawasan di Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Maluku, serta di Kepulauan Nusa Tenggara menjadi perhatian utama," katanya. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply