SBY Janji Bicarakan Penghinaan Habibie dengan PM Malaysia

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan turut terganggu dengan isu dihinanya Habibie melalui sebuah artikel di surat kabar Malaysia, Utusan Malaysia, oleh mantan menteri penerangan Zainuddin Maidin.

Walau Habibie sendiri menanggapi enteng permasalahan tersebut, Yudhoyono menjanjikan akan mengangkat isu ini dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak.

"Saya akan angkat isu ini kepada Perdana Menteri Malaysia, besar harapan ke depan kita saling menjaga perasaan, saling menghormati, dengan demikian tidak menggganggu banyak hal yang sebenernya kita laksanakan dengan baiknya, menyangkut kerja sama kemitraan dan persahabatan kedua negara," kata Yudhoyono, usai nonton bareng "Habibie dan Ainun" di Epicentrum Walk XXI, Kuningan, Senin 17 Desember 2012.

Yudhoyono melanjutkan sebenarnya pemerintah sudah melakukan langkah-langkah diplomasi begitu mendengar adanya tulisan, yang baginya tidak etis, melebihi kepatutan, dan bisa mengganggu hubungan baik antara Indonesia dengan Malaysia.

"Menlu segera melakukan langkah-langkah diplomasi baik di Jakarta maupun Kuala Lumpur, termasuk yang telah dilakukan duta besar Indonesia di Kuala Lumpur," kata dia.

Artikel tersebut, Yudhoyono melanjutkan, sebenarnya harus dicegah untuk muncul. "Saya menghargai upaya pemerintah Malaysia, yang saya ikuti sampai sore tadi, masih meminta Zainudin untuk meminta maaf kepada Habibie," kata Yudhoyono.

"Sungguhpun itu tidak mencerminkan sikap dan pandangan Malaysia, tetapi sikap perseorangan Malayisa, itu mengganggu hubungan baik."

Tulisan Zainudin, yang seorang pendukung Mahathir Muhammad, dimuat sebagai tajuk rencana berjudul "Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim" koran Utusan Malaysia edisi Senin, 10 Desember 2012. Tulisan yang memberi gambaran negatif mengenai Habibie itu sontak membuat "merah telinga."

Presiden sendiri akan berada di Malaysia untuk Konsultasi Tahunan ke-9 mulai besok Selasa, 18 Desember siang. Yudhoyono hanya akan berada di Malaysia hingga Rabu, 19 Desember pagi.[] sumber : tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply