SBY bicara soal WNI bebas dari hukuman mati

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono bersyukur atas terbebasnya dua wargan negara Indonesia dari hukuman mati di Malaysia. “Alhamdulillah, 2 WNI, Heni Herawati & Indah Kumala Sari, dapat dibebaskan dari ancaman hukuman mati di Malaysia,” begitu kutipan ucapan SBY di akun twitternya hari ini.

Heni Herawati dan Indah Kumala Sari, lolos dari ancaman hukuman mati di Malaysia. Mereka ditangkap Polisi Diraja Malaysia pada 17 Januari lalu dengan barang bukti narkoba jenis methamphetamine.

Portal berita detik.com, menuliskan berdasarkan rilis dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Rabu (23/10/2013), menyatakan pada sidang 21 Oktober 2013 di Majelis Tinggi Kuala Lumpur jaksa penuntut umum menarik dakwaan kepemilikan narkoba terhadap Heni dan Indah.

Keputusan jaksa itu didasari pembelaan awal (representation letter) yang disampaikan sebelumnya oleh pengacara KBRI Kuala Lumpur.

Heni dan Indah ditangkap Polisi Diraja Malaysia pada 17 Januari di halaman parkir di sebuah hotel berbintang di Kuala Lumpur. Saat itu petugas mengamankan barang bukti 378,53 gram methamphetamine dari Heni dan 261,5 gram methamphetamine dari Indah.

Jaksa kemudian meminta kedua WNI tersebut untuk menjadi saksi utama dalam kepemilikan narkoba yang melibatkan dua tersangka lainnya. Keduanya juga telah memberikan kesaksian di depan mahkamah. Hakim kemudian memberikan kuasa pada KBRI Kuala Lumpur untuk memulangkan mereka.

Saat ini dua WNI itu masih berada di KBRI Kuala Lumpur karena menunggu kelengkapan dokumen untuk kembali ke Indonesia.

Putusan itulah yang membuat SBY bersyukur. “Saya ucapkan terima kasih kpd KBRI Kuala Lumpur dan  para pengacara dan elemen pemerintah lainnya, atas ikhtiar dan kerja kerasnya,” kata SBY dalam akunnya.  “Upaya gigih kita telah berhasil membebaskan lebih dari 140 WNI, dari ancaman hukuman mati. Kami sendiri sering berjuang utk itu.”

Selain itu, SBY juga berharap semua WNI di luar negeri untuk mentaati hukum dan tidak melakukan kejahatan. “Jangan terjadi lagi,” katanya. []

  • Uncategorized

Leave a Reply