Sawah di Empat Kecamatan Tergenang Air Akibat Curah Hujan Tinggi

ACEH UTARA – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan ratusan hektar area (Ha) sawah di empat kecamatan yang ada di Aceh Utara tergenang. Kondisi itu sudah berlangsung dua hari. Dikhawatirkan jika terus berlanjut, padi yang baru disemai petani akan mati.

Empat kecamatan itu meliputi Kecamatan Samudera, Tanah Pasir, Syamtalira Aron dan Kecamatan Tanah Luas.

“Genangan air hujan sama rata di seluruh sawah dan hanya menyisakan ujung daun. Bahkan pematang pun sudah tak tampak lagi. Curah hujan yang tinggi dan tak menentu membuat petani memilih menunggu air kering dengan sendirinya,” kata Saiful (32 tahun), Kamis 29 November 2012.

Petani tak hanya khawatir dengan genangan air, namun juga terhadap hama keong yang biasanya menyerang di musim hujan.

“Kita khawatir tanaman padi yang baru disemai itu dimakan keong. Jika dalam beberapa hari ke depan air tak kunjung surut, maka dipastikan petani terpaksa menyemai bibit baru. Seperti pengalaman sebelumnya, jika padi sudah terendam air lebih dari tiga hari, biasanya tidak akan tumbuh normal lagi.”

Saiful dan petani lainnya hanya bisa berharap hujan tak lagi turun dalam dua hari ke depan, sehingga genangan air akan mengering.

“Biaya yang telah kita keluarkan untuk menyemai bibit padi cukup banyak. Jika padi itu mati, maka kita merugi,” ujar Saiful.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply