Satu Gajah Betina Tewas Diracun di Calang

CALANG – Satu gajah betina berusia 18 tahun ditemukan tewas di perkebunan kelapa sawit Desa Krueng Ayon, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. 

Komandan Ranger CRU Sampoiniet, Muchtar, di Calang, Selasa, mengatakan, binatang dilindungi yang diduga tewas dua hari lalu itu akibat diracun.

Dikatakan, satwa yang berbadan besar itu ditemukan tewas di atas badan jalan lintas SP Empat dan SP Lima yang merupakan kawasan transmigrasi. 

Gajah itu juga telah memiliki anak jantan berusia sekitar 1,5 tahun yang hingga saat ini masih berkeliaran di lokasi tewas induknya. 

Muchtar mengatakan, ciri fisik gajah itu saat ditemukan tim ranger badannya telah berwarna biru, dari dubur keluar usus dan darah dan dari mulut mengeluarkan busa, sehingga kemungkinan besar binatang tersebut tewas akibat racun.

Menurut dia, konflik gajah di kawasan pinggiran gunung Krueng Bekah yang berjarak sekitar 30 Km arah barat Calang, Ibukota Aceh Jaya itu sudah sering terjadi sejak tujuh tahun terakhir.

Kawanan gajah sering turun ke pemukiman penduduk dan merusak ladang dan perkebunan warga. Binatang berbelalai panjang tersebut terpaksa turun ke pemukiman penduduk, karena habitanya sudah terganggu, akibat penebangan liar. | sumber: antaranews.com

  • Uncategorized

Leave a Reply