Sanggar Jeumpa Puteh Kutablang juara pertama rapai se-Kabupaten Bireuen

SANGGAR Jeumpa Puteh dari Desa Blang Mee, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, juara pertama pada seleksi rapai se-Kabupaten Bireuen yang digelar di Pendopo Bupati Bireuen. Dengan demikian sanggar tersebut berhak mewakili Kabupaten Bireuen ke Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VI di Banda Aceh, September mendatang.

Hasil penilaian juri tersebut disampaikan panitia pelaksana pada rangkaian acara penutupan beberapa saat  seusai penampilan 23 grup rapai dari sejumlah kecamatan, sekaligus diserahkan trophy kepada enam grup terbaik. Sanggar Jeumpa Puteh yang berhasil juara terbaik pertama menampilkan rapai pulot grimpheng.

Sementara juara dua diraih sanggar rapai dari Desa Dayah Baro, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng dengan jenis rapai lepek. Juara ketiga terbaik diraih sanggar rapai dari Desa Kulu Kuta, Kecamatan Kutablang dengan jenis rapai pulot grimpheng.

Sedangkan juara harapan satu diraih sanggar Rincong Aceh dari Desa Pante Gajah, Kecamatan Peusangan dengan jenis rapai pulot grimpheng. Lalu juara harapan dua diraih Sanggar Asoe Jaroe, dari Desa Punjot, Kecamatan Jangka dengan jenis rapai lepek, serta juara harapan tiga diraih sanggar geunta dari Desa Bugak, Kecamatan Jangka.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, M Nasir, dalam sambutannya pada acara penutupan mengatakan kegiatan seleksi telah berlangsung dengan lancar dan menghasilkan tim terbaik untuk mewakili Kabupaten Bireuen. Dia minta kepada grup juara untuk terus melatih kemampuan supaya di ajang PKA nantinya mampu menjadi yang terbaik.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply