Sang Legenda Otomotif itu Tutup Usia

Namanya Carroll Shelby. Ia adalah perancang Shelby Cobra dan mobil-mobil sport legendaris lainnya. Kini ia telah meninggal, usianya 89 tahun.

Shelby meninggal pada Kamis kemarin di Rumah Sakit Baylor, di Dallas, seperti dijelaskan perusahaannya, Carroll Shelby Licensing. Perusahaan itu tidak mengungkapkan penyebab kematian si pendiri perusahaan. Shelby Licensing mengunggah posting dalam halaman Facebook bulan lalu, yang menyatakan  ia dirawat di rumah sakit karena mengidap penyakit pneumonia.

Shelby adalah sedikit dari beberapa perancang otomotif terkemuka yang pernah bekerja dengan ketiga perusahaan mobil besar Amerika, dimulai dengan Ford pada 1960-an. Kolaborasi terakhirnya yaitu Ford Shelby GT500 2013.

Performa tinggi mobil sport Shelby membantu Detroit menantang dominasi mobil balap Eropa. Kepala Desain Produk untuk Chrysler Ralph Gilles mengatakan, Shelby menciptakan sebuah mobil yang membantu penggemar di seluruh dunia menemukan "kegembiraan dan aktualisasi diri".

"Nama saya Carroll Shelby dan performa adalah bisnis saya," ujar Shelby dalam sebuah acara komersial untuk Cobra.

Shelby lahir di Leesburg, Texas pada 1923. Ia memulai karir balap mobil pada 1950-an dan pada 1959 ia memenangkan Le Mans 24 jam, sebuah perlombaan maraton yang diadakan di Prancis.

Shelby didiagnosis memiliki masalah jantung yang serius pada 1959, yang memaksanya untuk pensiun dari dunia balapan. Shelby menjalani transplantasi jantung pada 1990 dan transplantasi ginjal pada 1996.

Dia tetap melakukan satu putaran balapam dengan pil nitrogliserin di bawah lidah untuk mencegah serangan jantung. Ia mengeluh bahwa ia akan menang jika bukan karena pil. Dia mengalihkan perhatiannya ke arah desain. Ia mendekati Lee Iacocca, yang saat itu di Ford, tentang membangun sebuah roadster AC ringan dengan mesin Ford.Nama Cobra, muncul dalam mimpi Shelby.

Pada 1962, Cobra diperkenalkan di New York Auto Show dan perusahaan Shelby mulai membuat mobil-mobil di California pada akhir tahun itu. Pada 1964, Ford Shelby diminta  mengembangkan sebuah mesin berperforma tinggi Mustang. Pada tahun yang sama, sebuah lagu Hey Little Cobra oleh Rip Chords menjadi ciri khas Shelby dalam budaya pop.

"Membantu Ford mendominasi ajang lomba balap 1960 atau membangun beberapa mobil Mustang yang terkenal, semangat dan gairah Shelby dalam membuat mobil hebat lebih dari enam dekade telah benar-benar menginspirasikan setiap orang yang bekerja dengannya," kata Cucu Pendiri Henry Ford Edsel Ford II.

Ia berpisah dengan Ford pada 1970-an dan beralih ke Chrysler, dimana ia mengutak-atik  mobil K dan mengerjakan desain awal Viper Dodge. Ia juga bekerja untuk Divisi Olimpiade General Motors.

Shelby menggugat Ford pada 1990-an atas penggunaan nama Cobra dan kasus itu telah selesai pada 2001, ia berkolaborasi dengan perusahaan itu lagi.

"Pengaruh pribadinya pada mobil Dodge GLH dan inspirasinya terhadap konsep Dodge Viper pertama, kami telah kehilangan legenda otomotif yang sesungguhnya," kata Gilles, yang juga memimpin performa Chrysler, SRT, yang meluncurkan 2013 SRT Viper di New York Auto Show pada tahun ini. Shelby meninggalkan tiga anak, enam cucu, empat cict dan istrinya Cleo.

SUMBER; REPUBLIKA

  • Uncategorized

Leave a Reply