Samudera Hindia Disebut Jadi Prospek Masa Depan Ekonomi Indonesia

Pakar Hukum Laut Internasional Hasjim Djalal mengatakan samudera Hindia menjadi prospek masa depan ekonomi-politik Indonesia.

"Saat ini banyak negara negara lain, seperti China dan India, yang aktif berebut pengaruh dan sumber daya alam di Samudera Hindia," katanya saat menyampaikan orasi ilmiah "Kelautan Indonesia" di Universitas Bung Hatta Padang, Kamis 27 Februari 2014.

Menurut Hasjim, India dan China sudah mendapatkan lisensi untuk mengembangkan dan mengeksplorasi sumber daya mineral di Samudera Hindia. Sayangnya, kata Hasjim, Indonesia belum melihat samudera Hindia sebagai sumber potensi ekonomi yang besar.

"India sudah mendapatkan lisensi untuk mengembangkan mineral di Samudera Hindia. Begitu pula Cina yang mendapat konsesi mengeksplorasi mineral di gunung gunung bawah laut Samudera Hindia. Potensi ikannya juga sangat besar, seperti tuna. Kapan kita mau memanfaatkan ini?" tuturnya.

Dikatakan Hasjim, persepsi Indonesia tentang kelautan yang belum banyak berkembang menyebabkan lemahnya pemanfaatan potensi kelautan. Misalnya, di Jawa ada kepercayaan laut sebagai tempat Nyi Loro Kidul. Pemanfaatan sumber daya laut dipandang menganggu kekuasaan Nyi Loro Kidul.

"Persepsi yang salah dapat mempengaruhi pemanfaatan resources kelautan, terutama di Samudera Hindia," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply