Sampah plastik diolah menjadi bensin, solar dan minyak tanah

PAMERAN Teknologi Tepat Guna (TTG) se Aceh yang kedelapan di Takengon dipusatkan di lapangan Musara Alu Takengon. Ada stand yang menarik perhatian warga, yaitu stand yang menyajikan hasil olahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) yakni jenis bensin, solar bahkan minyak tanah.

Penemu pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak, Hera Feri, yang ditemui ATJEHPOSTcom mengatakan, bensin, solar dan minyak tanah yang berhasil diolah dari sampah plastik hanya digunakan sendiri dan menunggu arahan dari Pemerintah Aceh Tengah.

Menurut Hera Feri, untuk mengolah bensin, pertama yang harus dilakukan yakni tangki reaktor dipanaskan 100 derajat dengan keadaan kosong, kemudian memasukkan bahan baku sampah plastik, setelah itu didinginkan serta disaring baru menghasil bensin yang siap pakai.

Sedangkan untuk solar dan minyak tanah, kata Hera, bahan baku dan pengolahannya juga sama dengan bensin, hanya saja derajat tangki reaktor dipanaskan berbeda yaitu, untuk minyak tanah 200 derajat dan solar 100 derajat.

"Untuk satu liter bensin, solar dan minyak tanah, biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan tersebut hanya Rp3 ribu," kata warga Kebayakan Aceh Tengah ini.[](ma)
 

  • Uncategorized

Leave a Reply