Saingan Istana Versailles Ada di Jerman

Istana Versailles di Prancis sungguh terkenal di kalangan wisatawan. Tapi tahukah Anda, di Jerman ada istana yang meniru Versailles. Silakan berkunjung ke Istana Sansscouci di Postdam dan nikmati keindahannya.

Istana Sanssouci berada di kota kecil Postdam, hanya 45 menit dengan kereta api dari Berlin, Jerman. Sanssouci disebut megah karena bukan sekadar istana, melainkan kompleks istana. Luasnya 500 ha dan mencakup 150 bangunan besar dan kecil serta taman-taman istana.

Istana Sanssouci megah berdiri pada 1747 pada masa Raja Frederick II der Grosse (The Great). Sanssouci dalam bahasa Prancis artinya "tanpa peduli", karena ini adalah istana musim panas untuk sang raja mengasingkan diri.

Wajar saja kalau Sanssouci disebut sebagai rival berat Istana Versailles di Prancis. Sanssouci dibangun mirip Versailles, yaitu di atas sebuah bukit. Deretan anak tangga panjang menghampar dari sebuah kolam besar menuju istana. Di kanan dan kiri tangganya, teras-teras pohon anggur saling undak berundak.

Taman istana pun luar biasa besarnya dengan rentang 2 km. Dari istana utama Sanssouci, jalan di taman istana ini akan menghubungkan pengunjung dengan berbagai istana lain dari dinasti Hohenzollern ini. Masih ada Istana Neue (New Palace), Istana Charlottenhof, Istana Orangerie dan berbagai bangunan seperti galeri lukisan dan kincir angin.

Rumah minum teh raja bernama Chinesische Haus (Chinese House) yang diilhami arsitektur istana di China. Sebuah tempat dupa besar berdiri di depan bangunan ini. Namun tidak ada warna merah khas China melainkan warna hijau dan emas, dengan patung-patung orang China yang lebih mirip kostum penyihir dengan topi-topi runcing. Rupanya dahulu, beginilah persepsi bangsa Jerman terhadap bangsa China. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply