Rusia sebut Amerika bohong soal senjata kimia di Suriah

KETUA majelis rendah untuk urusan luar negeri parlemen Rusia, Alexei Pushkov, hari ini mengatakan bahwa klaim Amerika Serikat yang menyebut Presiden Suriah Basyar al-Assad telah menggunakan senjata kimia untuk melawan pemberontak adalah suatu kebohongan.

"Informasi tentang Assad menggunakan senjata kimia merupakan kebohongan yang sama seperti ketika Amerika menyebut tentang adanya senjata pemusnah massal milik Saddam Hussein di Irak," kata Alexei, seperti dilansir situs asiaone.com, Jumat 14 Juni 2013.

"Untuk apa Assad menggunakan gas sarin dalam jumlah kecil terhadap para pemberontak? Apakah untuk memicu intervensi pihak luar? Tidak masuk akal," ujar dia.

Amerika kemarin secara dramatis menunjukkan sikapnya terkait konflik Suriah dengan menuduh Assad telah menggunakan senjata kimia terhadap warganya. Hal ini membuat Gedung Putih menjanjikan dukungan militer bagi pasukan pemberontak.

Pemerintahan Presiden Barack Hussein Obama mengatakan pihaknya juga telah memberikan bukti kepada Rusia terkait adanya penggunaan senjata kimia di Suriah, dan bahwa masalah itu akan dibahas di pertemuan puncak G8 mendatang. | sumber: merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply