Rudi Barona, Dianggap Gila karena Menanam Jabon

BLANGPIDIE –  Di saat sebagian warga Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot, Abdya  berkebun sawit dan kakao, Rudi, seorang pegawai kontrak pada PT Askes malah tampil beda. Ia menaman jabon  di kebunnya. Usaha perkebunannya ternyata dianggap keliru oleh masyarakat.

Ada yang beranggapan bahwa Rudi telah gila. Orang menganggap, usahanya  akan sia-sia belaka. Bahkan ada warga yang mengaitkan usahanya dengan penebangan kayu ilegal sebab hasil panen jabon berupa kayu.

“Siapa yang tebang kayu akan ditangkap sama polhut,” ujar Rudi yang meniru ucapan seorang warga waktu itu.

Namun berkat dorongan ayah dan sang istri lah yang membuat Rudi tidak patah semangat. Padahal, ia hampir mengurungkan niatnya karena di cap “gila”oleh masyarakat. Orang  menilai Rudi bangai (bodoh) karena proses penanaman jabon itu lama. Apalagi masa panennya.

Rudi Barona (25 tahun) pemilik kebun jabon mengatakan, ide menanam pohon tersebut terlintas dibenaknya pada  Agustus 2011. Saat itu ia baru saja membersihkan lahan seluas enam hektar. Baru pada bulan Desember 2011 ia mulai menanam jabon. Bibit jabon ia peroleh dari Kabupaten Aceh Singkil.

Ada sekitar 4500 bibit jabon yang ditanam di atas areal enam hektar tersebut. Jarak antara batang jabon yang satu dengan lainnya adalah 4 X 4 meter. Waktu itu harga bibit jabon yang panjangnya 30 cm, dibeli seharga Rp 3.500 per batang. Sekarang pohon jabonnya setinggi 4 meter berumur 11 bulan.

Rudi mengatakan, membudidayakan jabon berpotensi membawa keuntungan dari segi ekonomis walau tidak  setiap minggu bisa panen seperti kacao dan sawit. Mengingat kebutuhan kayu di masa mendatang itu sangat banyak.

Sementara dari segi perawatannya juga sangat sederhana. Hanya menjaga serabut agar tidak menjalar pada pokok jabon. Jika serabut sampai menjalar, bisa membuat pohon jabon mati.

Kondisi tanah di Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot memang tergolong sangat subur. Sehingga dalam memelihara pohon jabon tidak perlu mengunakan pupuk. Pohon tersebut hanya  menyerap muklak yang ada pada permukaan tanah agar tetap tumbuh.

“Upaya lain yang  perlu dilakukan adalah membersihkan areal di sekitar pohon agar tidak semak,” ujarnya.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply